Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Aktivitas 7.2 Membuat Yoghurt Halaman 60 IPA Kelas 9

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 9 halaman 60 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Aktivitas 7.2 Halaman 60-61 Buku siswa untuk Semester 2 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 7 Bioteknologi Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban IPA Kls 9 Hal 60 Ayo Kita Lakukan

Aktivitas 7.2 Membuat Yoghurt Halaman 60 IPA Kelas 9
Aktivitas 7.2 Membuat Yoghurt Halaman 60 IPA Kelas 9

Kunci Jawaban IPA Kls 9 Hal 60 Ayo Kita Lakukan

Apa yang kamu perlukan?
1. 1 liter susu sapi
2. 50 gram gula
3. 50 mL minuman yang mengandung kultur bakteri asam laktat seperti: chimory, yakult, atau biokult.
4. Kompor
5. Panci
6. Pengaduk
7. Termometer
8. Cup atau wadah yang dilengkapi dengan tutup
9. Sarung tangan

Apa yang harus kamu lakukan?
1. Masukkan 1 liter susu sapi ke dalam panci. 
2. Tambahkan 50 gram gula pasir lalu aduk hingga merata. 
3. Didihkan susu tersebut hingga suhu 90°C selama 15 menit. Untuk mengetahui suhu susu, gunakanlah termometer. Untuk menjaga suhu tetap berada dalam kisaran 90°C aturlah besar kecilnya nyala api kompor. Berhati-hatilah dalam melakukan langkah ini. Gunakan sarung tangan dari kain atau mintalah bantuan dari orang tua atau gurumu. Perlu kamu perhatikan, ketika kamu memasukkan termometer, cukup celupkan ujung bawah termometer pada permukaan susu, jangan sampai ujung bawah termometer menyentuh panci! Karena termometer dapat pecah. 
4. Setelah dididihkan selama 15 menit, matikan nyala kompor lalu biarkan suhunya turun hingga 45°C. Perhatikan tekstur dan rasa susu sebelum ditambahkan chimory, yakult, atau biokult. 
5. Setelah suhu mencapai 45°C, tambahkan 50 mL chimory, yakult, atau biokult, lalu aduk hingga merata dengan menggunakan pengaduk yang bersih. 
6. Siapkan cup atau wadah yang memiliki tutup. 61 Ilmu Pengetahuan Alam 
7. Tuangkan susu tersebut ke dalam wadah. 
8. Simpanlah susu tersebut selama 1 × 24 jam pada suhu ruangan (21° C - 27°C). 
9. Setelah 1 x 24 jam, yoghurt sudah siap untuk dikonsumsi. Perhatikan tekstur dan rasa yoghurt yang telah kamu buat.

Apa yang perlu kamu diskusikan?
1. Mengapa dalam pembuatan yoghurt susu harus dididihkan terlebih dahulu? 
2. Amati kemasan cimory, yakult, atau biokult. Bakteri apakah yang terdapat dalam chimory, yakult, atau biokult tersebut? 
3. Apa perbedaan tekstur dan rasa antara susu dan yoghurt? 
4. Apakah fungsi bakteri tersebut dalam pembuatan yoghurt?
Jawaban:
1. Proses pembuatan yogurt dimulai dengan susu dipasteurisasi terlebih dahulu atau susu dipanaskan terlebih dahulu untuk membunuh bakteri berbahaya, lalu didinginkan.

2. bakteri Lactobacillus casei

3. Yoghurt merupakan makanan yang dihasilkan dari fermentasi susu dengan bantuan bakteri asam laktat. Proses fermentasi tersebut akan menimbulkan rasa masam dan bau yang menyengat pada yoghurt. Selain itu, proses fermentasi tersebut mengakibatkan pecahnya protein susu sehingga yoghurt memiliki tekstur yang lebih kental daripada susu murni.space space 
Jadi, perbedaan tekstur, rasa, dan bau antara susu dan yoghurt adalah yoghurt memiliki tekstur yang lebih kental, rasanya masam, dan bau yang lebih menyengat dibandingkan dengan susu murni.space 

4. Pada pembuatan yogurt digunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus yang akan mengubah glukosa (gula susu) menjadi asam laktat,sehingga rasa yogurt itu menjadi asam.

Apa yang dapat kamu simpulkan?
Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?
Jawaban:
Pembuatan yogurt dilakukan dengan memanfaatkan bakteri Lactobacillus bulgaricus