Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Aktivitas 8.3 Mengidentifikasi Unsur Melalui Pembakaran

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 9 halaman 129 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Aktivitas 8.3 Halaman 129-130 Buku siswa untuk Semester 2 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban IPA Kls 9 Hal 129 Ayo Kita Lakukan

Aktivitas 8.3 Mengidentifikasi Unsur Melalui Pembakaran
Aktivitas 8.3 Mengidentifikasi Unsur Melalui Pembakaran

Kunci Jawaban IPA Kls 9 Hal 129 Ayo Kita Lakukan

Kamu telah mengetahui bahwa setiap unsur memiliki warna nyala yang berbeda ketika dibakar. Pada aktivitas ini kamu akan mengidentifikasi unsur-unsur tertentu pada suatu bahan melalui reaksi pembakaran.

Apa yang kamu perlukan?
1. 1 buah pinset
2. 1 gram garam dapur
3. 1 gram pupuk NPK
4. 10 cm kawat tembaga
5. 1 buah pembakar spiritus
6. 1 buah sarung tangan kain/kulit

Apa yang harus kamu lakukan?
1. Pakailah sarung tangan kain/kulit untuk melindungi tanganmu dari panas. Jangan gunakan sarung tangan yang terbuat dari plastik atau karet. 1
2. Siapkan kawat tembaga sekitar 10 cm, jepit satu ujungnya dengan pinset. Kemudian, ambil garam dapur dengan cara menyentuhkan ujung kawat tembaga yang lain. Bakarlah pada pembakar spiritus yang memiliki nyala biru. 
3. Amati dan catatlah warna yang dihasilkan dari pembakaran tersebut. 
4. Ulangi langkah 1-3 dengan mengganti garam dengan pupuk NPK.

Apa yang perlu kamu diskusikan?
Apakah warna yang dihasilkan dari pembakaran garam dan pupuk NPK berbeda? Mengapa demikian?
Jawaban:
Masing-masing warna yang dihasilkan tersebut disebabkan atom-atom dari unsur logam tersebut mampu menyerap sejumlah energi panas untuk membentuk atom logam berenergi tinggi (keadaan tereksitasi). Pada keadaan berenergi tinggi atom logam tersebut sifatnya tidak stabil sehingga mudah kembali keadaan semula (berenergi rendah) dengan cara memancarkan energi yang diserapnya dalam bentuk cahaya (hv).

Apa yang dapat kamu simpulkan?
Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?
Jawaban:
-