Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Aktivitas 8.4 Mengidentifikasi Berbagai Jenis Bahan dan Pemanfaatannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 9 halaman 132 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Aktivitas 8.4 Halaman 132-133 Buku siswa untuk Semester 2 Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 8 Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup Kelas 9 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban IPA Kls 9 Hal 132 Ayo Kita Lakukan

Aktivitas 8.4 Mengidentifikasi Berbagai Jenis Bahan dan  Pemanfaatannya dalam Kehidupan Sehari-hari
Aktivitas 8.4 Mengidentifikasi Berbagai Jenis Bahan dan  Pemanfaatannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Kunci Jawaban IPA Kls 9 Hal 132 Ayo Kita Lakukan

Apa yang kamu perlukan?
1. Alat tulis
2. Kertas 

Apa yang harus kamu lakukan?
1. Buatlah kelompok yang beranggotakan 4-5 orang.
2. Buatlah tabel pengamatan seperti pada Tabel 8.7.
3. Bersama kelompokmu lakukan identifikasi berbagai jenis bahan, sifat dari bahan tersebut, dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Kamu dapat melakukan pengamatan di rumah, di sekolah, atau di lingkungan sekitar tempat tinggalmu.
4. Tulislah hasil identifikasi yang telah kamu lakukan pada tabel yang telah kamu buat.
Tabel 8.7 Hasil Identifikasi Berbagai Jenis Bahan, Sifat, dan Pemanfaatannya

Apa yang perlu kamu diskusikan?
1. Apakah tiap-tiap jenis bahan yang kamu amati memiliki sifat yang unik dan berbeda dengan jenis yang lain? Mengapa demikian? 
2. Apabila kamu akan membuat kursi atau meja, sifat bahan yang bagaimanakah yang akan kamu pilih? Apa contoh jenis bahan yang akan kamu gunakan? 
3. Apabila kamu akan membuat kabel listrik, sifat bahan yang bagaimanakah yang akan kamu pilih? Apa contoh jenis bahan yang akan kamu gunakan? 
4. Apabila kamu akan membuat kerangka pesawat terbang, sifat bahan yang bagaimanakah yang akan kamu pilih? Apa contoh jenis bahan yang akan kamu gunakan?
Jawaban:
1. Setiap bahan meiliki sifat yang berbeda - beda karena setiap bahan tersusun dari unsur / partikel yang berbeda pula. Dengan demikian, setiap bahan memiliki sifat yang berbeda-beda.

2. sifat bahan : mudah di bentuk , tidak lembek , keras jenis bahan : kayu jati , damar dll

3. Untuk bagian dalam kabel,sifat bahan yang digunakan adalah konduktor yang bersifat menghantarkan listrik,contohnya kawat.Untuk bagian luar kabel,sifat bahan yang digunakan adalah isolator yang sulit bahkan tidak bisa menghantarkan lostrik sehingga kita tidak akan tersengat listrik,contohnya dari bahan plastik.

4. bahan utamanya adalah aluminum karna ringan dan tahan karat, dan berupa campuran campuran logam lainnya seperti nikel, magnesium ,titanium , dan komposit
Apa yang dapat kamu simpulkan?
Berdasarkan percobaan dan diskusi yang telah kamu lakukan, apa yang dapat kamu simpulkan?
Jawaban:
-