Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 53 Tugas [Kunci Jawaban]

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 10 halaman 53. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket B. Indo Tugas 4 Halaman 53. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas X SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 Proses Menjadi Warga yang Baik Kelas 10 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 53 Tugas 4

Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 53 Tugas [Kunci Jawaban]
Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 53 Tugas [Kunci Jawaban]

Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 53 Tugas [Kunci Jawaban]

(1) Setelah kalian membaca teks itu, identifikasilah partisipan yang terlibat, siapa yang menulis teks itu, dan ditujukan kepada siapa tulisan itu. Untuk itu, tujukan perhatian kalian pada butir 1 sampai dengan 4!
(2) Identifikasilah setiap butir dan berilah nama untuk setiap butir yang berkaitan dengan struktur teks. Betulkah butir 1 merupakan pengantar? Jelaskan fungsi butir 1 itu pada teks itu!
(3) Mengapa penulis teks merasa perlu memberikan catatan pada butir 4?
(4) Butir ke berapakah yang betul-betul merupakan prosedur? Jelaskan alasannya!
(5) Berapa langkah yang harus ditempuh untuk mendapatkan SIM C? Apakah langkahlangkah itu harus ditempuh secara berurutan?
(6) Betulkah teks ini tergolong ke dalam teks prosedur kompleks? Dari manakah kalian mengatakan bahwa teks itu adalah teks prosedur kompleks?
(7) Apakah langkah-langkah prosedur itu sudah urut?
(8) Salah satu hal yang perlu kalian pertimbangkan adalah adanya beberapa syarat karena syarat itulah yang antara lain membuat prosedur itu kompleks.
(9) Konjungsi jika atau apabila yang menjadi pedoman lain untuk menentukan kompleksitas itu tidak ditemukan pada teks tersebut. Carilah bukti lain, seperti verba tindakan dan keterangan tempat atau keterangan cara yang ada.
Jawaban :
1) Partisipan manusia yang terlibat : Anda. Hal ini terletak pada kalimat
Sebelum anda   membuat SIM baru atau perpanjangan, siapkan dokumen diri berupa foto copy KTP sebanyak 5 lembar.

Tulisan teks prosedur itu ditunjukkan pada pengendara kendaraan bermotor. Pengendara Kendaraan Bermotor perlu mengetahui prosedur berikut ini

2) butir pertama merupakan tujuan. Tujuan merupakan alasan penulis menuliskan teks tersebut. dan sisanya adalah langkah-langkah. Yakni langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melaksanakan teks tersebut.