Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Cari bukti-bukti sejarah bahwa rasul Allah Swt. itu tidak ada yang al-Kiẓẓib, al-Khiānah, al-Kiṭmān, dan al-Balādah!

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Agama Islam untuk Kelas 11 halaman 116 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PAI Aktivitas Siswa Halaman 116 Buku siswa untuk Semester 2 Kelas XI SMA/SMK/MA. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 7 Rasul-Rasul Itu Kekasih Allah Swt. Kelas 11 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kls 11 Tugas Hal 116 Aktivitas Siswa

Cari bukti-bukti sejarah bahwa rasul Allah Swt. itu tidak ada yang al-Kiẓẓib, al-Khiānah, al-Kiṭmān, dan al-Balādah!
Cari bukti-bukti sejarah bahwa rasul Allah Swt. itu tidak ada yang al-Kiẓẓib, al-Khiānah, al-Kiṭmān, dan al-Balādah!

Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 116 Aktivitas Siswa

Aktivitas Siswa:
1. Cari bukti-bukti sejarah bahwa rasul Allah Swt. itu tidak ada yang al-Kiẓẓib, al-Khiānah, al-Kiṭmān, dan al-Balādah!
Jawaban:

1. Al-kidzib
Al-kidzib berarti berbohong. Mustahil jika nabi dan Rasul dalam berkata berbohong atau pun berdusta. Seluruh perkataan nabi dan Rasul selalu benar dan tidak pernah berbohong atau berdusta. Sperti dalam Surah Q.S an-Najm ayat 2-4,

Artinya: “Kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak (pula) keliru, dan tidaklah yang diucapkan itu (al-Qur’an) menurut keinginannya tidak lain (al-Qur’an) adalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).” (Q.S an-Najm ayat 2-4)

2. Al-Khianah
Al-Khianah berati tidak dapat dipercaya atau berkhianat. Nabi dan Rasul mustahil memiliki sifat khianat, setiap perkataannya selalu dapat dipercaya. Seperti dalam surah Q.S al-An’am ayat 106.

Artinya: “Ikutilah apa yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad), tidak ada Tuhan selain Dia, dan berpalinglah dari orang-orang musyrik.” (Q.S al-An’am ayat 106)

3. Al-kitman
Al-kitman berarti menyembunyikan wahyu. Sifat mustahil ini merupakan kebalikan dari sifat al-tabligh. Dalam surah Q.S. al-An’am ayat 50

Artinya: “Katakanlah (Muhammad), Aku tidak mengatakan kepadamu bahwa perbendaharaan Allah ada padaku, dan aku tidak mengetahui yang gaib dan aku tidak (pula) mengatakan kepadamu bahwa aku malaikat. Aku hanya mengikuti apa yang di wahyukan kepadaku. Katakanlah, Apakah sama orang yang buta dengan orang yang melihat? Apakah kamu tidak memikirkan(nya).” (Q.S. al-An’am ayat 50)

4. Al-Baladah
Al-Baladah berarti Bodoh. Sangat mustahil jika rasul memiliki sifat baladah. Para nabi dan Rasul merupakan merupakan manusia pintar yang dipilih oleh Allah SWT untuk mendapatkan dan menyampikan wahyu untuk umat manusia. Hal tersebut dibuktikan dalam surah Q.S al- A’raf ayat 199

Artinya: “Jadilah pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf, serta janganlah pedulikan orang-orang yang bodoh.” (Q.S al- A’raf ayat 199)
2. Kaitkan dengan perilaku kita sebagai orang yang beriman kepada rasul! (buat tabel tentang perilaku kita yang termasuk kategori aṡ-Ṡiddiq, al-Amānah, at-Tablig dan alFaṭānah)
Jawaban:

siddiq= jujur saat mengerjakan Ujian
Tabligh=saling memberi tahu teman yang baik&buruk
Amanah=tidak membuka aib seseorang
Fatanah=selalu mengerjakan PR