Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Carilah bukti-bukti sejarah bahwa rasul-rasul itu as-Siddiq, al-Amanah, at-Tablig dan al-Faṭanah!



Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Agama Islam untuk Kelas 11 halaman 115 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PAI Aktivitas Siswa Halaman 115 Buku siswa untuk Semester 2 Kelas XI SMA/SMK/MA. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 7 Rasul-Rasul Itu Kekasih Allah Swt. Kelas 11 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kls 11 Tugas Hal 115 Aktivitas Siswa

Carilah bukti-bukti sejarah bahwa rasul-rasul itu as-siddiq, al-Amanah, at-Tablig dan al-Faṭanah!



Jawaban PAI Kelas 11 Halaman 115 Aktivitas Siswa
Aktivitas Siswa:
1. Carilah bukti-bukti sejarah bahwa rasul-rasul itu as-Siddiq, al-Amanah, at-Tablig dan al-Faṭanah!

Jawaban:


Berikut adalah bukti-bukti yang berkaitan dengan 4 sifat wajib rasul tersebut di soal:
AS-SIDDIQ, buktinya ada di dalam Al-Quran berupa firmal Allah SWT dalam Surah Maryam ayat 41 yang berbunyi “ceritakanlah (Muhammad) kisah tentang Ibrahim di dalam kitab )Al-Quran), sesungguhnya ia adalah orang yang sangat membenarkan seorang nabi”.
AMANAH, buktinya adalah ayat dalam Al-Quran yang menyebut rasul Allah SWT selalu dapat dipercaya. Surah yang menyebutkan demikian adalah As-Syu’ara ayat 107 yang berbunyi ‘Sesungguhnya aku ini seorang rasul kepercayaan yang diutus kepadamu’.
TABLIGH, buktinya adalah surah di dalam Al-Quran yakni Al-Maidah ayat 57 yang bunyinya “Wahai rasul, sampaikan apa yang diturunkan kepadamu. Jika tidak engkau lakukan berarti engkau tak menyampaikan amanat-Nya”.
FATHANAH, buktinya adalah ketika Muhammad SAW dihadapkan dengan masalah pelik dalam meletakkan Hajar Aswad maka ia dengan caranya mampu menyelesaikan masalah tesebut dan memuaskan semua pihak.

2. Kaitkan dengan perilaku kita sebagai orang yang beriman kepada rasul! (buat tabel tentang perilaku kita yang termasuk kategori as-Siddiq, al-Amanah, at-Tablig dan alFaṭanah)

Jawaban:


siddiq= jujur saat mengerjakan Ujian
Tabligh=saling memberi tahu teman yang baik&buruk
Amanah=tidak membuka aib seseorang
Fatanah=selalu mengerjakan PR