Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Fikih Kelas 10 Halaman 41 Uji Kompetensi Bab 2

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Fikih untuk Kelas 10 halaman 41 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket Fiqih Uji Kompetensi Bab 2 Halaman 41 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas X MA. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 PENYELENGGARAAN JENAZAH. ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini  diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Bab 2 Hal 41 Fiqih Kls 10

Kunci Jawaban Fikih Kelas 10 Halaman 41 Uji Kompetensi Bab 2
Kunci Jawaban Fikih Kelas 10 Halaman 41 Uji Kompetensi Bab 2

Kunci Jawaban Fikih Kelas 10 Halaman 41 Uji Kompetensi Bab 2

Uji Kompetensi 2 Halaman 41

B. Esai, Jawablah pertanyaan-pertanyaan dengan tepat!
1. Apa yang harus dilakukan pada saat menunggu orang yang sedang sakaratul maut?

2. Sebutkan kewajiban keluarga ketika salah satu dari mereka ada yang meninggal dunia!

3. Bagaimana tata cara memandikan jenazah yang baik?

4. Jelaskan tata cara pelaksanaan shalat jenazah yang benar!

5. Jelaskan hikmah penyelenggaraan pengurusan jenazah!


Kunci Jawaban :
1. Hal yang harus dilakukan pada saat menunggu orang yang sedang sakaratul maut, yaitu membimbingnya untuk mengucapkan kalimat syahadat atau tahlil.

2. Kewajiban keluarga ketika salah satunya ada yang meninggal dunia, yaitu memandikan, mengkafankan, mensholatkan, dan menguburkan.

3. Tata cara memandikan jenazah yang baik, yaitu :
  • Mendudukkan mayat dengan posisi agak condong ke belakang, pundak disanggah tangan kanan orang yang memandikan dengan ibu jari diletakkan pada tengkuk agar supaya kepala mayat tidak miring.
  • Punggung mayat disanggah lutut kanan orang yang memandikan. Perutnya diurut dengan tangan kiri secara pelan-pelan oleh orang yang memandikan secara berulang-ulang agar kotoran yang ada diperut mayat dapat keluar, dan disiram dengan air.
  • Setelah itu, mayat ditidurkan dengan posisi terlentang. Kemudian, dua lubang kemaluan dan aurat mayat lainnya dibersihkan dengan menggunakan tangan kiri yang dilapisi dengan sarung tangan atau kain.
  • Membersihkan gigi mayat dan kedua lubang hidungnya dengan jari telunjuk tangan kiri yang beralaskan kain basah dan jika terkena kotoran maka harus disucikan terlebih dahulu.
  • Hal ini bertujuan untuk membilas sisa-sisa daun bidara, sabun atau sesuatu yang ada pada tubuh mayat dengan posisi mayat dimiringkan. Mengguyur seluruh tubuh mayat untuk kesekian kalinya dengan memakai air yang dicampur sedikit kapur barus pada mayat yang sedang tidak melaksanakan ihram.

4. Tata cara sholat jenazah, yaitu :
  • Takbirotul ihrom beserta niat, membaca surat al-Fatihah,
  • Melakukan takbir kedua, membaca sholawat kepada Nabi Muhammad Saw.
  • Melakukan takbir ketiga kemudian membaca doa berikut Melakukan takbir keempat dan disunahkan membaca doa, serta membaca salam.

5. Hikmah penyelenggaraan pengurusan jenazah, yaitu mengetahui tata caranya, serta selalu mengingat kematian pasti akan datang.