Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Fikih Kelas 10 Halaman 194 Uji Kompetensi Bab 10

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Fikih untuk Kelas 10 halaman 194 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket Fiqih Uji Kompetensi Bab 10 Halaman 194 Buku siswa untuk Semester 2 (Genapl) Kelas X MA. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 10 RIBA, BANK DAN ASURANSI. ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini  diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Bab 10 Hal 194 Fiqih Kls 10

Kunci Jawaban Fikih Kelas 10 Halaman 194 Uji Kompetensi Bab 10
Kunci Jawaban Fikih Kelas 10 Halaman 194 Uji Kompetensi Bab 10

Kunci Jawaban Fikih Kelas 10 Halaman 194 Uji Kompetensi Bab 10

Uji Kompetensi 10 Halaman 194

B. Esai, Jawablah pertanyaan-pertanyaan dengan tepat!
1. Jelakan pengertian riba menurut bahasa dan istilah!

2. Bagaimana hukum riba ? jelaskan sertai dalilnya

3. Sebutkan macam-macam riba!

4. Andi menukar pulpen yang isinya sudah mau habis dengan pulpen milik temannya yang isinya masih penuh. Bagaimana jika dikaitkan dengan riba fadl jelaskan!

5. Sebutkan perbedaan antara bank konvensional dengan bank syariah!


Kunci Jawaban :
1. Riba berasal dari bahasa arab, yang memiliki arti tambahan dan dari bahasa Inggris, yaitu addition yang berarti tambahan pembayaran atas uang pokok pinjaman.

Sementara menuut Istilah riba adalah pengambilan tambahan baik dalam transaksi jual beli, maupun pinjam meminjam secara batil atau bertentangan dengan prinsip mua’amaalat dalam Islam.

2. Dasar hukum melakukan riba adalah haram menurut Al-Qur’an. Keharaman riba terkait dengan sistem bunga dalam jual beli yang bersifat komersial.

Di dalam melakukan transaksi atau jual beli, terdapat keuntungan atau bunga tinggi melebihi keumuman atau batas kewajaran, sehingga merugikan pihak-pihak tertentu, sehingga identik dengan nuansa sebuah transaksi pemerasan.

Dalilinya berbunyi:
Kunci Jawaban Fikih Kelas 10 Halaman 194 Uji Kompetensi Bab 10


3. Macam-macam riba ada empat, yaitu pertama riba Fadl, kedua riba Nasi’ah, ketiga riba Qardi, dan keempat riba yad.

4. Hukumnya adalah haram, karena hanya menguntungkan satu pihak dan pihak lain merasa rugi atas tindakannya tersebut.

5. Perbedaan antara bank konvesional dengan syariah, yaitu bak konvesional menggunakan sistem bunga tetap, sedangkan bank syariah menggunakan sistem bagi hasil.