Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Fikih Kelas 8 Halaman 23 Uji Kompetensi Bab 1

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Fikih untuk Kelas 8 halaman 23 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket Fiqih Uji Kompetensi Bab 1 Halaman 23 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas VIII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 SUJUD SAHWI, SUJUD SYUKUR DAN SUJUD TILAWAH. ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini  diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Bab 1 Hal 23 Fiqih Kls 8

Kunci Jawaban Fikih Kelas 8 Halaman 23 Uji Kompetensi Bab 1
Kunci Jawaban Fikih Kelas 8 Halaman 23 Uji Kompetensi Bab 1

Kunci Jawaban Fikih Kelas 8 Halaman 23 Uji Kompetensi Bab 1

Uji Kompetensi 1 Halaman 23

Jawablah pertanyaan-pertanyaan dengan tepat!

1. Sujud syukur dan sujud tilawah memiliki beberapa persamaan. Coba identifikasi persamaan-persamaan tersebut? 

2. Ada beberapa perbedaan antara sujud sahwi, sujud syukur dan sujud tilawah. Coba identifikasi perbedaan-perbedaan tersebut? 

3. Apa yang sebaiknya dilakukan ketika shalat Maghrib berjamaah imam lupa tidak duduk tasyahud awal, padahal sudah diingatkan oleh makmum dan imam sudah terlanjur berdiri untuk melanjutkan rakaat berikutnya? 

4. Murid-murid di asrama madrasah berasal dari beberapa desa dan kota yang berbeda dalam pemahaman agama. Mereka hidup rukun dan saling menghormati perbedaan yang ada. Suatu ketika Ahmad, yang biasa membaca doa qunut dalam shalat Shubuh bermakmum kepada Yazid yang biasa tidak membaca doa qunut. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh Ahmad? Haruskah dia melakukan sujud sahwi setelah salam ataukah tidak perlu? Jelaskan alasannya! 

5. Sering kali kita melihat seorang pemain sepak bola melakukan sujud di tengah lapangan setelah mencetak gol ke gawang lawan. Apakah sujud yang dilakukan oleh para pemain tersebut termasuk sujud syukur atau hanya sebuah selebrasi biasa mengingat dalam sujud syukur ada beberapa syarat yang harus dipenuhi? Jelaskan!

Kunci Jawaban :
1. Persamaan antara sujud syukur dan tilawah adalah :
- sujud syukur dan tilawah hanya dilakukan sekali sujud saja
- boleh dilakukan pada waktu- waktu dilarang shalat
- hukumnya adalah sunnah
- boleh tidak berwudhu terlebih dahulu, selama badan, tempat dan pakaian bersih
- dianjurkan menghadap kiblat.

2. Perbedaan sujud syukur, tilawah dan sahwi adalah terletak pada alasan pelaksanaannya. Sujud tilawah dilaksanakan karena membaca ataupun mendengar ayat-ayat sajdah. Sujud syukur dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur, misalnya karena mendapat berkah, keinginan terkabul dan lain sebagainya. Adapun sujud sahwi adalah jenis sujud yang dilaksanakan di dalam shalat akibat lupa ataukah ragu terkait pelaksanaan shalat.

3. apabila imam sudah terlanjur berdiri, maka tetap lanjutkan dan makmum mengikuti imam. Kemudian melakukan sujud sahwi di akhir raka'at. makmum harus tetap mengikuti apapun yang dilakukan imam

4. MENURUT SAYA JAWABANNYA TIDAK PERLU. KARENA DISINI IMAMNYA ADALAH YAZID, YANG ARTINYA MAKMUN HARUS MENGIKUTI IMAM. DAN QUNUT DALAM SALAT SUBUH ADALAH SUNNAH, JIKA TIDAK DILAKUKAN TIDAK APA-APA MESKIPUN LEBIH BAIK DILAKUKAN.

5. sujud syukur nya tidak sah. Karena ada beberapa syarat sujud syukur diantaranya adalah menutup aurat dan menghadap kiblat