Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Fikih Kelas 9 Halaman 138 Uji Kompetensi Bab 5

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Fikih untuk Kelas 9 halaman 138 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket Fiqih Uji Kompetensi Bab 5 Halaman 138 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas IX SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 5 IJARAH (SEWA MENYEWA) DAN UPAH. ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini  diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Bab 5 Hal 138 Fiqih Kls 9

Kunci Jawaban Fikih Kelas 9 Halaman 138 Uji Kompetensi Bab 5
Kunci Jawaban Fikih Kelas 9 Halaman 138 Uji Kompetensi Bab 5

Kunci Jawaban Fikih Kelas 9 Halaman 138 Uji Kompetensi Bab 5

Uji Kompetensi 5 Halaman 138

B. Esai, Jawablah pertanyaan-pertanyaan dengan tepat!
1. Ijarah ada dua macam yakni ijarat ‘ala al-manafi’ (sewa menyewa) dan ijarat ‘ala al-mal (pemberian upah). Tuliskan syarat dan rukunnya dengan benar! 

2. Yudha bersahabat dengan Salim sejak MTs, persahabatan mereka tetap berlanjut sampai mereka dewasa. Suatu saat, Yudha menyewakan mobilnya kepada Salim selama dua minggu untuk acara liburan di Jakarta. Namun, Yudha merasa sangat kecewa karena pembayaran uang sewa mobil yang dibayarkan tidak sesuai harapan. Dalam akad ini, apakah rukun yang tidak terpenuhi sehingga ada salah satu pihak yang merasa tidak puas dengan akad ini? Tuliskan pendapatmu! 

3. Muhaimin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang property dan lamarannya diterima. Ia menempati posisi yang cukup penting karena latar belakang pendidikannya yang tinggi. Namun, setelah bekerja selama 2 tahun, semangat kerjanya menjadi turun sehingga terkadang tidak masuk kerja tanpa alasan yang jelas. Terkait hal itu, apakah yang harus dilakukan oleh pemilik perusahaan? Tuliskan pendapatmu! 

4. Perhatikan hadis berikut ini ! أ )رواهابن ماج ه ق ر ع جفَّ َّ ي ْ ن ا ل ْ ب ق ه ر ْ ج أ ر ْ جي ْل ْ وا ا ط ْ ع ه( Terkait dengan akad ijarah, Tulislah isi kandungan hadis tersebut! 

5. Bu Marni bekerja di rumah Bu Lutfah sebagai asisten rumah tangga dengan kontrak kerja selama 2 tahun. Ia menerima gaji yang cukup besar sehingga bisa ia gunakan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya dan keluarganya. Jelaskan kewajiban yang harus dilakukan oleh Bu Marni selaku pekerja!


Kunci Jawaban :
1. Berikut ini adalah syarat dan rukun Ijarh yaitu:
Rukun Ijarah:
  • Ada orang yang menyewakan (Mu’ajjir dan Musta’jir)
  • Adanya akad antara penyewa dan yang menyewakan (tertulis lebih baik)
  • Ada ijab qabul (shigat)
  • Ada upah (ujrah)
  • Ada manfaat baik antara pihak yang menyewakan dan pihak penyewa.
Syarat Ijarah
  • Baligh dan berakal baik itu penyewa maupun yang memberikan sewa.
  • Ijarah atas dasar ridho (suka rela) tanpa adanya paksaan.
  • Objek atau barang yang disewakan jelas sifatnya.
  • Barang yang disewakan bukan barng haram (sesuai syariat).
  • BArang yang disewakan harus atas seizin pemiliknya.
  • Manfaat yang diperoleh penyewa jelas dan tidak ada yang disembunyikan.

2. Ketidaksesuaian pembayaran yang dilakukan oleh salim telah menyalahi dari salah satu rukun yaitu Upah (Ujrah). Hal ini tentunya sangat merugikan Yudha. Sehingga menurut pendapat penulishal ini telah membatalkan Ijarah yang dilakukan karena tidak terpenuhinya rukun tersebut.

3. Pertanyaan kurang lengkap. Namun jika dilihat dari konteks pertanyaan sepertinya Muhaimin melamar bekerja dan sudah diterma, namun setelah diterima gajinya tidak sesuai. Maka hal ini adalah meyalahi dari salah satu rukun Ijarah yaitu upah atau Ujrah.

4. Kandungan hadist ini adalah kita harus memberikan uang sewa Qibalan jaffa 'irqah sampai yang terakhir

5. Kewajibannya adalah sebagai berikut :
a.menghormati keluarga Bu lutfah
b.memasak untuk keluarga Bu lutfah
c.membersihkan rumah Bu lutfah
d.mecucikan baju keluarga Bu lutfah