Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Akidah Akhlak Kelas 11 Halaman 12 Ayo Berlatih Bab 1

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Akidah Akhlak untuk Kelas 11 halaman 12 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket Akidah Akhlak Uji Kompetensi Bab 1 Halaman 12, 13 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas XI MA. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay  Bab 1 MUNCULNYA ALIRAN KALAM DALAM PERISTIWA TAHKIM ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini  diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Ayo Berlatih Bab 1 Hal 12 Aqidah Akhlak Kls 11

Kunci Jawaban Akidah Akhlak Kelas 11 Halaman 12 Ayo Berlatih Bab 1
Kunci Jawaban Akidah Akhlak Kelas 11 Halaman 12 Ayo Berlatih Bab 1

Kunci Jawaban Akidah Akhlak Kelas 11 Halaman 12 Ayo Berlatih Bab 1

Ayo Berlatih 1 Halaman 12

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Kebijakan birokrasi yang dilakukan Utsman bin Affan memicu ketidakpuasan sebagian umat Islam, sehingga terjadilah pemberontakan yang mengakibatkan terbunuhnya Utsman bin Affan yang dalam sejarah Islam dikenal dengan kejadian alfitnah al-kubra. Dari kejadian inilah kemudian memicu perpecahan Islam. Mengapa kejadian tersebut terjadi sehingga dapat memicu perpecahan umat Islam! 

2. Pada saat perang Ṣiffin, pasukan Ali bin Abi Ṭālib hampir mendapatkan kemenangan, namun pada saat itu ada tawaran damai yang disampaikan oleh Mu’awiyah bin Abi Shufyan yaitu dengan perundingan atau tahkīm. Pada awalnya, Ali bin Abi Ṭālib enggan menerima tawaran tersebut. Namun karena adanya desakan yang kuat dari sebagian anggota pasukannya, maka akhirnya Ali bin Abi Ṭālib menerima tawaran perundingan tersebut. Mengapa Ali bin Abi Ṭālib menerima usulan diadakannya tahkīm? berilah alasan yang kuat! 

3. Di antara alasan Mu’awiyah bin Abu Shufyan tidak berbaiat kepada Ali bin Abi Ṭālib adalah adanya kekhawatiran hilangnya Jabatan gubernur di Damaskus yang dipegangnya sejak pemerintahan Khalifah Umar bin Khaṭab, kemudian merembet kepada tuntutan kepada Ali bin Abi Ṭālib untuk mengungkap dan mencari pembunuh Utsman bin Affan, sehingga terjadilah perang Ṣiffin. Kritisilah permasalahan tersebut sehingga jelas pokok persoalan yang menyebabkan terjadinya perpecahan di kalangan umat Islam! 

4. Di antara pasukan Ali bin Abi Ṭālib ada yang tidak menerima hasil tahkīm. Namun dalam perkembangannya, kelompok ini tidak hanya memusuhi kelompok Ali bin Abi Ṭālib tetapi juga memusuhi kelompok Mu’awiyah. Mengapa demikian, berilah alasan yang kuat!

5. Perang Ṣiffin sangat merugikan kelompok Ali bin Abi Ṭālib. Namun demikian, di antara pendukungnya ada yang tetap setia kepada Ali bin Abi Ṭālib. Mengapa mereka tetap setia kepada Ali bin Abi Ṭālib ?

Kunci Jawaban :
-