Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Akidah Akhlak Kelas 9 Halaman 89 Uji Kompetensi Bab 4

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Akidah Akhlak untuk Kelas 9 halaman 89 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket Akidah Akhlak Uji Kompetensi Bab 4 Halaman 89 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas IX MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay  Bab 4 Kisah Keteladanan Sahabat Umar Bin Khattab dan Sayyidah Aisyah r.a ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini  diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Bab 4 Hal 89 Aqidah Akhlak Kls 9

Kunci Jawaban Akidah Akhlak Kelas 9 Halaman 89 Uji Kompetensi Bab 4
Kunci Jawaban Akidah Akhlak Kelas 9 Halaman 89 Uji Kompetensi Bab 4

Kunci Jawaban Akidah Akhlak Kelas 9 Halaman 89 Uji Kompetensi Bab 4

Uji Kompetensi 4 Halaman 89

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Siapakah sahabat Umar bin Khattab r.a.?
2. Siapakah sayyidah Aisyah r.a?
3. Tulis kisah keteladanan sahabat Umar bin Khatta r.a. yang dekat dengan rakyat!
4. Tulis kisah keteladanan sayidah Aisyah r.a. yang cerdas!
5. Sebutkan sifat-sifat yang menonjol sahabat Umar bin Khatab r.a.?
6. Sebutkan sifat-sifat yang menonjol sayyidah Aisyah ra.?
7. Bagaimana cara-cara meneladani keteladanan sahabat Umar binn Khatab r.a. dan sayidah Aisyah r.a.?
8. Sebutkan hikmah meneladani keteladanan sahabat Umar binn Khatab r.a. dan sayidah Aisyah r.a.!
9. Mengapa Rasulullah Saw. sangat menyintai sayyidah Aisyah r.a.?
10. Bagimanakah perilaku orang yang meneladani keteladanan sahabat Umar binn Khatab r.a. dan sayidah Aisyah r.a.

Kunci Jawaban :
1. Sebelum masuk Islam, Umar bin Khattab adalah penentang agama Islam dan membenci Nabi Muhammad Saw. Beliau pernah menentang sangat beringas tidak menerima agama Muhammad Saw. Tetapi atas izin Allah Swt dan atas kesadaran sendiri serta berkat keyakinan hati, beliau dapat melihat dengan mata hati, bahwa Islam adalah agama yang benar, lalu mendapat mendapat hidayah (petunjuk) dan mau masuk Islam.

2. Sayyidah Aisyah r.a. adalah putri sahabat Rasulullah Saw. yaitu sahabat Abu Bakar Ash-Shidiq. Ibunya bernama Ummu Ruman binti Amir bin Uwaimir.

3. Suatu saat Umar sedang berkeliling dengan sahabatnya yang bernama Aslam. Mereka berdua ketika sedang berjalan mendengar suara tangisan anak kecil. Khalifah Umar dan Aslampun mencari sumber suara tersebut lalu berhenti di sebuah rumah yang kecil. Di dalam rumah tersebut Umar melihat seorang ibu yang sedang memasak. Kemudian beliau bertanya kepada ibu tersebut mengapa anaknya menangis. Ibu itu tetap memasak dan mengatakan bahwa anaknya menangis karena kelaparan. Khalifah Umar melihat terus-menerus ibu yang sedang memasak itu. Sudah terasa agak lama tetapi tidak ada tanda-tanda masakan itu akan matang. Khalifah Umar bertanya lagi kepada ibu tersebut mengapa sang anak sudah kelaparan dan menangis tetapi sang ibu tidak selesai juga memasak. Lalu khalifah Umar melihat apa yang sedang di masak ibu tersebut. Beliaupun kaget, ternyata yang di masak ibu itu adalah batu. Akhirnya seketika itu juga khalifah Umar kembali ke rumah dan mengambil satu karung gandum untuk diserahkan kepada ibu tersebut agar anaknya tidak kelaparan.

4. Sayyidah Aisyah r.a. adalah teladan bagi kaum perempuan. Beliau sangat cerdas, sabar, dan taat beribadah. Banyak hadis Rasulullah Saw. yang diriwayatkan beliau. Maka beliau tempat bertanya sekaligus rujukan para sahabat dan tabi’in yang berkenaan dengan hadis. Karena beliaulah sosok yang paling banyak meriwayatkan hadis Rasulullah Saw. Salah satu buku hadits yang paling terkenal di dunia Islam, yaitu Musnad Imam Ahmad, menghimpun sejumlah besar hadits yang diriwayatkan dari Aisyah.

5. Sifat yang menonjol dari khalifah Umar bin Khattab, yaitu dijuluki sebagai Al-Faruq (Pemberani) dan dikenal sebagai sosok pemimpin yang rela berkorban.

6. Sifat yang menonjol dari Aisyah r.a. yaitu cerdas dan cantik, suci dan taat beribadah, dan sangat dicintai Rasulullah Saw.

7. Banyak berlatih menjadi pribadi yang suka berjuang di jalan Allah Saw. dan Rasul-Nya, membiasakan diri menjadi diri sendiri yang jujur, amanah, dan tangung jawab, dan menjaga kehormatan diri yang disandarkan kepada Allah Swt.

8. Dapat mewujudkan pribadi yang menyintai ilmu terutama ilmu agama dan mengingatkan kita untuk menjadi orang yang dermawan yang ikhlas karena Allah Swt.

9. Rasulullah Saw. sangat mencintai Aisyah r.a. karena beliau taat beribadah kepada Allah Swt. dan memiliki sifat cerdas.

10. Orang yang meneladani sifat Umar bin Khattab, yaitu selalu berlaku adil, tidak pilih kasih, dan tegas dalam mengambil keputusan.