Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 7 Halaman 191 Uji Kompetensi Bab 14

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Seni Budaya dan Keterampilan untuk Kelas 7 halaman 191 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket SBK atau SBD Uji Kompetensi Bab 14 Halaman 191 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas VII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 14 Menampilkan Level dan Pola Lantai pada Gerak Tar ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini  diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Hal 191 Seni Budaya Kls 7

Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 7 Halaman 191 Uji Kompetensi Bab 14
Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 7 Halaman 191 Uji Kompetensi Bab 14

Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 7 Halaman 191 Uji Kompetensi Bab 14

Uji Kompetensi 14 Halaman 191

Pengetahuan
1. Jelaskan dua fungsi tata rias dan tata busana pada penampilan tari.
Kunci Jawaban :
Fungsi tata rias :
  • Menyempurnakan penampilan wajah
Dari tata rias, yang mengatur penampilan wajah, kecantikan, hiasan, dan karakter yang sesuai dengan tema tari
  • Membantu menunjukan perwatakan atau karakter penari
Tata rias harus mampu mengubah penampilan wajah agar sesuai karakter yang di bawakan ketika menari, semisal wajah penari di buat menakutkan, baik dan lainya.

Fungsi tata busana :
  • Memperjelas tema tari
Ini jelas, karena dari pengaturan tata busana terhadap penampilan seorang penari. Harus disesuaikan dengan tema tarianya
  • Membantu menghidupkan karakter dan peran penari
Penampilan yang di tata oleh tata busana, busananya yang dikenakan penari harus menunjukan siapa dia sesungguhnya, kepribadianya, status sosial, dan kesesuaian tema tarianya, dan lainya.

2. Jelaskan dua fungsi musik pengiring pada penampilan tari
Kunci Jawaban :
Fungsi musik pengiring ada penampilan tari:
  • Agar penampilan tari, lebih enak didengar dan dilihat dengan di iringi musik pengiring
Tentu saja, tanpa suara pengiring. Tarian akan terlihat hampa, maka perlua musik pengiring, agar suasanan tarian lebih hidup
  • Memberikan suatu efek terhadap penari
Hal ini bisa terjadi, karena musik pengiring juga mempengaruhi daya usaha, sikap, pikiran, suasanan terhadap penari


Keterampilan
Peragakan lima ragam gerak secara berkesi nambungan dengan musik iringan secara berkelompok!
Kunci Jawaban :
1. Ruang
Jika kamu melakukan gerakan di tempat tanpa berdiri berarti melakukan gerakan di ruang pribadi, sedangkan jika kamu bergerak berpindah tempat maka kamu melakukan gerak diruang umum. Gerak di dalam ruang dapat dilakukan sendiri, berpasangan, dan berkelompok.

2. Waktu
Setiap gerak membutuhkan waktu baik gerak elastis maupun gerak fungsional. Gerak fungsional seperti berjalan menuju ke sekolah tentu membutuhkan waktu. Jika jarak yang ditempuh maka waktu yang dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan dengan jarak jauh. Jika jarak jauh ingin sama cepatnya dengan jarak dekat tiba ditempat, maka gerak yang dilakukan haruslah memiliki kecepatan dua atau tiga kali dari jarak dekat.

Perbedaan cepat atau lambat gerak berhubungan dengan tempo. Jadi tempo merupakan cepat atau lambat gerakan yang dilakukan. Gerak tari juga memiliki tempo. Fungsi tempo pada gerak tari untuk memberikan kesan dinamis sehingga tarian enak untuk dinikmati.

3. Tenaga
Setiap kamu melakukan gerak tentu memerlukan tenaga. Penggunaan tenaga dalam gerak meliputi, (a). itensitas, yang berkaitan dengan kualitas tenaga dalam tarian yang menghasilkan tingkat ketegangan gerak; (b). aksen/tekanan muncul ketika gerakan dilakukan secara tiba-tiba dan kontras; (c). Kualitas berkaitan dengan cara penggunaan atau penyaluran tenaga. Jika gerak yang dilakukan memiliki itensitas tinggi tentu saja memerlukan tenaga yang kuat. Sebaiknya, gerak dengan itensitas rendah memerlukan tenaga yang lemah/sedikit.