Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 7 Halaman 90 Uji Kompetensi Bab 6

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Seni Budaya dan Keterampilan untuk Kelas 7 halaman 90 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket SBK atau SBD Uji Kompetensi Halaman 90 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas VII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 6 Pengolahan Ruang, Waktu, dan Tenaga Sesuai Iringan ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini  diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Hal 90 Seni Budaya Kls 7

Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 7 Halaman 90 Uji Kompetensi Bab 6
Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 7 Halaman 90 Uji Kompetensi Bab 6

Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 7 Halaman 90 Uji Kompetensi Bab 6

Uji Kompetensi 6 Halaman 90

Pengetahuan
1. Apakah gerak tari memerlukan ruang, waktu, dan tenaga ! Jelaskan !
Kunci Jawaban :
Ya karena ruang sangat dibutuhkan dalam gerak tari karena tanpa ruang seorang penari tidak akan leluasa dalam menggerakan tubuhnya. Waktu yang diperlukan karena tanpa adanya waktu adanya waktu penari tidak mengetahui kapan ia harus melakukan atau tidak melakukan gerak yang telah ditentukan. ruang,waktu,dan tenaga pada gerak tari merupakan satu kesatuan utuh.ketika seseorang melakukan gerak berarti telah membentuk ruang,memerlukan waktu serta memerlukam tenaga.seorang penari harus mampu mengolah ruang,waktu dan tenaga sehingga gerak yg dilakukan tampak dinamis.
2. Apa yang dimaksud dengan gerak tari bertenaga kuat dan bertenaga lemah? Jelaskan !
Kunci Jawaban :
Tari bertenaga kuat : tari yang menggunakan tekanan tubuh atau usaha dlm melakukan gerakan yang bertenaga. tari lemah : tari yang di dasari dgn kelembutan dan penghayatan. gerak tari bertenaga kuat maksudnya tarian yg berekspresi penuh/tarian yg bersemangat.sedangkan gerak tari bertenaga lemah seperti gerakan yg lemah gemulai,secara halus dari gerakan 1 ke yg lain.


Keterampilan
Peragakan lima ragam gerak secara berke sinambungan dengan musik iringan secara berkelompok !
Kunci Jawaban :
A. Meragakan Gerak Tari dengan Hitungan
Meragakan gerak tari dapat dilakukan secara individu, berpasangan, maupun kelompok. Ada juga gerak tari individu dan berpasangan dilakukan secara berkelompok. Meragakan tari secara berberpasangan atau berkelompok memerlukan kerjasama dan tanggung jawab sehingga gerak dapat dilakukan sesuai dengan hitungan atau iringan.

Gerak tari dengan hitungan adalah berbagai gerak tari yang disesuaikan dengan irama berupa hitungan. Hitungan ini biasanya menggunakan bilangan yaitu satu, dua tiga, empat dan seterusnya. Pada masing-masing bilangan tersebut gerakaannya berbeda-beda. Hitungan juga dapat berupa petunjuk arah seperti kanan, kiri, depan, belakang, atau maju mundur. Pada saat melakukan gerak dapat menggunakan properti disesuaikan dengan kebutuhan dalam melakukan gerak.
gerakan tari
Setiap ragam gerak dapat dikembangkan menjadi suatu tarian, seperti pada gambar di atas.
  • Pada gerakan nomor 1 dapat dikembangkan dikemungkinan berbagai macam gerak menjadi gerak tari Saman atau Indang.
  • Pada ragam gerak nomor 2 dapat dikembangkan menjadi gerak tari kipas, burung, kupu-kupu, pakarena dan semua jenis tari yang menggunakan properti kipas.
  • Pada ragam gerak nomor 3 dengan menggunakan properti rebana dapat dikembangkan menjadi tari rebana.
  • Ragam gerak tari nomor 4 menggunakan selendang dapat dikembangkan menjadi tari kupu-kupu, atau semua jenis gerak tari yang menggunakan selendang.
  • Ragam gerak tari nomor 5 dikembangkan dari ragam gerak Joged. Joged merupakan ragam gerak yang berkembang pada tari Melayu. Berdasarkan latihan gerak tari dengan menggunakan hitungan ini dapat dikembangkan menjadi tarian Melayu seperti tari Payung.

B. Meragakan Gerak Tari dengan Iringan
Musik iringan tari dibedakan menjadi musik iringan tari internal dan musik iringan tari eksternal. Musik internal adalah musik atau bunyi-bunyian yang berasal dari anggota tubuh, yaitu tepukan tangan atau tepukan ke anggota tubuh, jentikan jari, hentakan kaki ke tanah, dan sebagainya. Musik eksternal adalah bunyi-bunyian atau suara yang berasal dari alat musik atau instrumen, yaitu gamelan. 

Iringan pada tari dapat berupa lagu daerah. Iringan tari berfungsi untuk menciptakan harmoni antara gerak dengan musik sehingga tercipta tarian yang indah. Untuk dapat melakukan gerakan tari berdasarkan iringan harus, perhatikan irama dan tempo lagu serta lirik lagu untuk menentukan gerakan tarian. Setelah mengetahui irama dan tempo iringan, buat gerakan sesuaikan dengan iringan.