Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban SKI Kelas 8 Halaman 64 Uji Kompetensi Bab 2

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Sejarah Kebudayaan Islam untuk Kelas 8 halaman 64 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket SKI Uji Kompetensi Bab 2 Halaman 64-65 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas VIII MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 Kejayaan Intelektual Ilmuwan dan Ulama Islam Daulah Abbasiyah ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini  diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Bab 2 Hal 64 SKI Kls 8

Kunci Jawaban SKI Kelas 8 Halaman 64 Uji Kompetensi Bab 2
Kunci Jawaban SKI Kelas 8 Halaman 64 Uji Kompetensi Bab 2

Kunci Jawaban SKI Kelas 8 Halaman 64 Uji Kompetensi Bab 2

Uji Kompetensi 2 Halaman 64, 65

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !
1. Setujukah kalian bahwa ulama dan ilmuan Islam memiliki peranan besar dalam kemajuan Daulah Abbasiyah, berikan alasannya ? 

2. Simpulkan peranan ilmuan dalam membangun kejayaan intelektual Daulah Abbasiyah !

 3. Berikan contoh yang kamu ketahui salah satu karya ulama masa kini yang sangat besar manfaatnya untuk kehidupan masyarakat ! 

4. Terangkan biografi salah seorang ulama dan ilmuwan Islam yang kalian kagumi masa Dinasti Abbasiyah! 

5. Berikan interpretasimu tentang ulama dan ilmuan Daulah Abbasiyah !

Kunci Jawaban :
1. banyak teks sejarah menyebutkan bahwa puncak kejayaan islam berada pada masa abbasiyah. puncak kejayaan itu dimungkinkan karena perkembangan yg pesat dalam ilmu pengetahuan. pada masa itu banyak ilmuan-ilmuan mengadopsi filsafat-filsafat yunani dengan cara diitegrasikan pada semangat keislama. jadi, kesimpulannya SETUJU

2. ulama saat ini terjebak dalam dikotomi ilmu agama dan ilmu non-agama. sedang jaman dulu ilmu itu dipahami setara, baik itu fiqih, hadist, biologi, filsafat, tauhid dsb.

3. di masa dinasti abbasiyah ada kota bernama basrah (selain kufah di iran). basrah di sini adalah kota bagi para ilmuan, pusat pengetahuan kala itu. dalam peta dinasti abbasiyah keberadaan basrah sangat vital. di sana digembleng banyak intelektual-intelektual muda, yang kemudian akan diberdayaan oleh kerajaan untuk menyokong jalan pemerintahan. bagi yang sangat cemerlang akan dijadikan penasehat raja.

4. Salah seorang yang saya kagumi pada masa Dinasti Abbasiyah, ialah Ibn Sina, atau dikenal oleh orang-orang Barat sebagai Avicenna. Karena Ibn Sina adalah orang yang sangat cerdas, beliau dapat menerjemahkan teori-teori dari Plato dan Aristoteles. Ibn Sina juga membuat teori tentang filsuf dan kedokteran sehingga saya sangat mengaguminya.

5. Para penguasa Dinasti Abbasiyah merupakan keturunan dari paman Nabi Muhammad SAW, al-Abbas. Pendiri dinasti ini adalah Abdullah al-Saffah pada 750 M. Sang pendiri memerintah hanya dalam waktu singkat, dari 750 sampai 751 M. Al-Saffah kemudian digantikan oleh Abu Ja'far al-Mansur (754-775 M).