Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Tabel 1.1 Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku PKN untuk Kelas 7 halaman 12. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Tabel 1.1 Halaman 12. Buku siswa untuk Semester 1 Kelas VII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban  Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Perumusan dan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara Kelas 7 ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum 2013 (K13). Kunci Jawaban Hal 12 PKN Kls 7 Tabel 1.1

Jawaban PKN Kelas 7 Halaman 12 Tabel 1.1 Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
Jawaban PKN Kelas 7 Halaman 12 Tabel 1.1 Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara

Tabel 1.1 Perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara

Kunci Jawaban :
1. Aspek Informasi : Pendiri Negara pengusul rumusan dasar negara
Uraian: Muhammad Yamin, Mr. Soepomo, Ir. Soekarno

2. Anggota Panitia Kecil
Uraian: Ir. Soekarno, Ki Bagoes Hadikoesoemo, Kyai Haji Wachid Hasyim, Mr. Muhammad Yamin, Sutardjo Kartohadikoesoemo, A.A. Maramis, Otto Iskandardinatan, dan Drs. Mohammad Hatta.

3. Anggota Panitia Sembilan
Uraian: 
1. Ir. Soekarno (ketua)
2. Drs. Mohammad Hatta (wakil ketua)
3. Mr. Achmad Soebardjo (anggota)
4. H. Agus Salim (anggota)
5. Mr. Mohammad Yamin (anggota)
6. KH. Wahid Hasjim (anggota)
7.. Abdoel Kahar Moezakir (anggota)
8 Abikoesno Tjokrosoejoso (anggota)
9. Mr. Alexander Andries Maramis (anggota)

4. Panitia Sembilan
Uraian: Panitia kecil berjumlah sembilan orang yang dibentuk oleh Panitia Kecil sebelumnya dengan anggota BPUPKI. Tugasnya adalah menyelidiki usul-usul mengenai perumusan dasar negara.

5. Latar Belakang Perubahan Rumusan Dasar Negara Sila Pertama Naskah Piagam Jakarta
Uraian: Datangnya utusan opsir Kaigun (Angkatan Laut Jepang). Mereka mengatakan bahwa wakil-wakil Protestan dan Katolik dari wilayah yang dikuasai oleh Angkatan Laut Jepang merasa keberatan dengan bagian kalimat rumusan dasar negara dalam naskah Piagam jakarta. Kalimat yang dimaksud adalah "Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya.


Jawaban Lainnya :
  1. Ir. Soekarno, Mr. Soepomo, dan Muh. Yamin
  2. Ir. Soekarno sebagai Ketua, Drs. Mohammad Hatta sebagai Wakil Ketua, Muh. Yamin, Wahid Hasyim, Ahmad Soebarjo, Agus Salim, Abikoesno Tjoaosoejoso, A.A Maramis, serta Alexander Andries sebagai anggota.
  3. Ir. Soekarno sebagai Ketua, Drs. Mohammad Hatta sebagai Wakil Ketua, Muh. Yamin, Wahid Hasyim, Ahmad Soebarjo, Agus Salim, Abikoesno Tjoaosoejoso, A.A Maramis, serta Alexander Andries sebagai anggota.
  4. Panitia 9 merupakan sebuah panitia yang dibentuk oleh PPKI untuk menentukan dasar negara.
  5. Usulan perubahan sila pertama pada Piagam Jakarta dilakukan oleh Moh. Hatta setelah mendapat masukan dari beberapa tokoh nasional yang berasal dari Indonesia Timur yang merasa keberatan dengan isi sila pertama tersebut serta mengancam akan memisahkan diri dari Indonesia jika sila tersebut tetap diberlakukan. Akhirnya, demi menjaga persatuan dan kesatuan, sila t