Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 75 Uji Kemampuan Kalian Bab 2

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 8 halaman 75 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Mari Uji Kemampuan Kalian Bab 2 75 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas VIII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 Struktur dan Fungsi Tubuh Makhluk Hidup ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian Bab 2 Hal 75 IPA Kls 8



Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Halaman 75 Mari Uji Kemampuan Kalian Bab 2

Mari Uji Kemampuan Kalian Bab 2 Halaman 75

Mengingat 
1. Di bagian manakah suara diproduksi?
a. Faring                     c. Trakea
b. Laring                     d. Alveoli
2. Penyakit yang disebabkan karena rusaknya alveolus pada paru-paru, sehingga menyebabkan kesulitan bernapas adalah:
 a. Emfisema               c. Bronkitis
 b. Aterosklerosis         d. Asma 
3. Apakah fungsi alveolus? 
Mengklasifikasikan 
4. Manakah bagian dari sistem pernapasan yang menghubungkan antara mulut dengan hidung? 
Menjelaskan 
5. Jelaskan proses pertukaran gas di paru-paru 
Membandingkan 
6. Silia dan lendir bekerjasama untuk menyaring udara yang kita hirup. Bandingkanlah persamaan dan perbedaan dari keduanya?
JAWABAN:
1. B. Laring .
2. A. Emfisema.    
3. Fungsi alveolus sebagai tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida. Alveoli kemudian menyerap oksigen dari udara yang dibawa oleh bronkiolus dan mengalirkannya ke dalam darah. Setelah itu, karbon dioksida yang merupakan produk limbah dari sel-sel tubuh mengalir dari darah ke alveoli untuk dihembuskan keluar.
4. Setelah dari hidung, udara akan menuju faring atau tenggorokan. Baik hidung dan mulut terhubung dengan faring.
5. Pertama oksigen masuk melalui hidung lalu tenggorokan lalu ke laring lalu faring,trakea dan kemudian masuk di bronkus lalu bronkeolus lalu masuk masuk ke alveolus, di alveolus terdapat gelembung yang akan diisi oleh udara, setelah dari alveolus turun ke jantung melalui pembuluh darah vena masuk ke bilik kiri lalu ke serambi kiri lalu ketika jantung berkontraksi udara akan turun ke bilik kanan dan ke serambi kanan setelah masuk ke jantung, jantung akan mengalirkan udara yang masuk tadi ke seluruh tubuh untuk diambil zat yang berguna bagi tubuh, ketika sudah zat sisa makanan dan CO2 dan uap air akan naik masuk ke serambi kanan lalu ke bilik kanan lalu ke serambi kiri lalu ke bilik kiri dan kembali ke alveolus, bronkeolus, bronkus trake,a faring, laring dan ke hidung.
6. Ketika kalian sedang menelan makanan, maka trakea akan tertutup oleh epiglotis, sehingga makanan tidak masuk ke dalam saluran napas. Sel yang melapisi trakea memiliki silia, yaitu rambut-rambut halus yang memiliki gerakan seperti menyapu. Silia berfungsi untuk menyaring udara yang masuk agar kotoran tidak masuk ke dalam paru-paru. Silia akan mendorong lendir yang telah menangkap kotorankotoran yang masuk dari trakea ke faring, kemudian dengan cara batuk, maka kotoran tersebut akan terlontar ke luar.