Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 60-62 Evaluasi Tema 1

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Kelas 8 halaman 60-62 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPS Evaluasi Tema 1 Halaman 60-62 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas VIII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Tema 1 Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya Alam ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Evaluasi Tema 1 Hal 60-62 IPS  Kls 8



Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 60-62 Evaluasi Tema 1

Evaluasi Tema 1 Halaman 60-62

A. PILIHAN GANDA
1. Indonesia memiliki banyak gunungapi aktif. Jalur pegunungan di Indonesia membentang dari ujung utara Sumatra memanjang melalui pantai barat Sumatra, melewati Pulau Jawa, Nusa Tenggara, Banda, Sulawesi, dan Halmahera. Jumlah gunung aktif di Indonesia sebanyak 127 gunungapi aktif. Dampak tersebut merupakan dampak dari adanya … 
a. Letak astronomis. 
b. Letak geografis. 
c. Letak geologis. 
d. Letak absolut. 

2. (1) Indonesia         (4) Korea Selatan 
    (2) Filipina            (5) Inggris
    (3) Jepang             (6) Perancis 
Negara yang memiliki iklim sub tropis ialah … 
a. (1) dan (3). 
b. (5) dan (6). 
c. (2) dan (4). 
d. (3) dan (4).

3. Hutan dapat berfungsi sebagai hutan produksi, hutan lindung dan hutan konservasi. Berikut merupakan fungsi hutan dalam kegiatan produksi adalah … 
a. Hutan melindungi sistem daya dukung lingkungan hidup . 
b. Hutan melakukan perlindungan terhadap sistem penyangga kehidupan, pengawetan beragam jenis tumbuhan dan satwa. 
c. Hutan menghasilkan bahan baku untuk pembuatan produk dan jasa. 
d. Hutan mencegah terjadinya banjir, erosi dan mempertahankan kesuburan tanah untuk tanaman yang ada di dalamnya.

4. Perhatikan pernyataan berikut 
(1) Luas wilayah 
(2) Suhu dan kelembaban udara 
(3) Posisi strategis 
(4) Jumlah penduduk
(5) Isolasi kepulauan oleh lautan 
Faktor geografis yang memengaruhi keragaman budaya adalah …. 
a. (1), (2), dan (3). 
b. (1), (2), dan (4). 
c. (1), (3), dan (5). 
d. (2), (4), dan (5). 

5. Pengaruh Hindu di Indonesia melalui jalan damai yang dilakukan pedagang dari India melalui jalur laut. Perdagangan pada masa itu sedang berkembang karena jalur sutra yang menghubungkan IndiaCina melalui jalur laut dan melalui wilayah Nusantara adalah pernyataan dari teori …. 
a. Teori waisya. 
b. Teori brahmana. 
c. Teori ksatria. 
d. Teori arus balik.

B. ESAI 
1. Bagaimana pengaruh iklim terhadap keragaman sosial budaya di Indonesia? 

2. Bagaimana hubungan proses geografis dengan kedatangan bangsabangsa asing di Indonesia? 

3. Potensi sumber daya alam yang dimanfaatkan secara terus menerus mengakibatkan perubahan bagi kelangsungan alam. Salah satu dampak perubahan alam yang terjadi adalah menurunnya daya  dukung lingkungan terhadap kehidupan manusia. Jelaskan faktor yang menyebabkan perubahan potensi sumber daya alam! 

4. Bagaimana pendapat kalian tentang teman yang berbuat curang ketika ujian sekolah dan apa yang akan kalian lakukan? Apakah perilaku tersebut telah melanggar norma? Jelaskan! 

5. Terdapat teori masuknya agama Hindu-Buddha ke Indonesia. Teori apa yang paling kuat menurut pendapatmu? Jelaskan alasan dan bukti-buktinya!


JAWABAN :

PILIHAN GANDA
1. b. Letak geografis.
2. b. (5) dan (6). 
3. c. Hutan menghasilkan bahan baku untuk pembuatan produk dan jasa. 
4. b. (1), (2), dan (4). 
5. a. Teori waisya. 

ESSAY
1. Iklim
• Indonesia diwarnai oleh mikro iklim yang beragam.
• Dalam sebuah ruang wilayah yang sempit, perbedaan ketinggian tempat dapat menghasilkan perbedaan suhu yang signifikan.
• Masyarakat pesisir Pantai Utara Jawa yang bermata pencaharian sebagai nelayan, sedangkan masyarakat yang tinggal di wilayah pegunungan bermata pencaharian sebagai petani.

2. Kedatangan bangsa-bangsa asing ke Indonesia disebabkan karena adanya proses geografis yang berupa angin muson untuk berlayar ke timur dari India ke Cina. Selain itu, terdapatnya selat malaka yang digunakan sebagai tempat transit kapal-kapal untuk mengirimkan komoditas dari India ke Cina yang disebut sebagai jalur sutra karena komoditas yang diperjualbelikan berupa kain sutra, wewangian, dan rempah-rempah.

3. Faktor yang menyebabkan perubahan potensi sumber daya alam! 
Populasi manusia yang semakin bertambah membuat konsumsi semakin bertambah. Hal ini memengaruhi tingkat eksploitasi terhadap sumber daya alam. Eksploitas sumber daya alam yang berlebih dengan menggunakan prinsip maksimalisasi dan mengabaikan pelestarian lingkungan dapat menyebabkan pencemaran dan kerusakan lingkungan. Dampaknya terjadi perubahan potensi sumber daya alam yang semakin mengalami penurunan.

4. Menurut saya ketika ada teman yang berbuat curang saat ujian sekolah saya akan menasehati nya untuk tidak melakukan perbuatan curang yang melanggar norma pendidikan. jika teman tersebut terus-menerus melakukan kecurangan setelah diberikan nasehat saya akan melaporkan nya ke guru untuk diberikan hukuman atas perbuatannya tersebut.

5. Menurutku teori arus balik melihat tersebarnya beragam suku budaya diindonesia tersebut disebabkan oleh masyarakat indonesia itu sendiri.