Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 20 Uji Kompetensi Bab 1

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  untuk Kelas 8 halaman 20 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Uji Kompetensi Bab 1 Halaman 20 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas VIII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Kedudukan dan Fungsi Pancasila .ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Uji Kompetensi Bab 1 Hal 20 PPKN Kls 8



Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 20 Uji Kompetensi Bab 1

Uji Kompetensi Bab 1 Halaman 20

Cermatilah peristiwa-peristiwa di bawah ini. Lalu, tuliskan pendapatmu untuk menjawab persoalan yang diajukan.
 1. Rita sudah tiga hari tidak masuk sekolah. Ketua kelas mengusulkan untuk menjenguk Rita. Semua pengurus kelas setuju. Sepulang sekolah, mereka menuju rumah Rita untuk menjenguk. Mereka membawa jeruk dua kilogram sebagai buah tangan. Sesampainya di rumah Rita, semua masuk ke ruang tamu rumah Rita. Hanya, Sella yang tidak masuk. Ia memilih menunggu di teras. Rupanya, Sella merasa minder untuk masuk rumah Rita yang megah. Rita pernah meledek Sella sebagai anak miskin. Jika kamu sebagai ketua kelas, bagaimana cara kamu mengajak Sella agar mau masuk ke ruang tamu rumah Rita? Jelaskan nilainilai Pancasila yang berhubungan dengan peristiwa tersebut!
 2. Rudi sedang menyapu halaman sekolah. Lalu, secara tidak sengaja Andi yang tengah berlari menabrak Rudi yang sedang mengambil sampah. Akibatnya, Rudi terjatuh dan sampahnya berserakan. Menyadari kesalahannya, Andi segera meminta maaf. Namun, Rudi tidak begitu saja mau memaafkan Andi. Rudi mencaci Andi untuk melampiaskan kekesalannya. Rudi menilai Andi berlari dengan ceroboh. Jika kamu diminta menyelesaikan masalah tersebut, bagaimana cara kamu menyelesaikan masalah tersebut dan mendamaikan antara Rudi dan Andi? Jelaskan pula sila ke berapa dalam Pancasila yang berhubungan dengan peristiwa itu! 
3. OSIS mengadakan kegiatan class meeting selepas Penilaian Akhir Semester (PAS). Ada lima cabang olahraga yang dipertandingkan. Pada hari pelaksanaan, penanggung jawab empat cabang olahraga telah siap. Namun, ada satu penanggung jawab cabang olahraga yang tidak hadir. Akibatnya, cabang olahraga tersebut tertunda pelaksanaannya. Ketua OSIS menyalahkan kepada ketua panitia karena dinilai tidak mengawal timnya dengan baik. Jika kamu diminta menyelesaikan masalah tersebut, bagaimana cara kamu menyelesaikan masalah tersebut dan mencari solusi terbaik? Jelaskan sila ke berapa dalam Pancasila yang berhubungan dengan peristiwa itu! 

Jawaban :
1. Sila ke-5: (Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia) Karena Sella tidak perlu merasa minder karena semua manusia pada sila ke-5 dipandang sama rata.
2. Sila ke-3: (Persatuan Indonesia) Rudi dan Andi tidak perlu meributkan hal tersebut, karena pada sila ke-3 bangsa Indonesia harus bersatu.
3. Sila ke-2: (Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab) Karena pada dasarnya apa yang kita lakukan kita harus bertanggung jawab.