Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Tabel 5.1 Halaman 116 Bab 5

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk Kelas 10 halaman 116 Pembahasan kali ini kita akan bahas Tabel 5.1 Isian pengertian biografi yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Halaman 116 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 5 Memetik Keteladanan dari Biografi Pahlawan ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Tabel 5.1 Bab 5 Hal 116 Bahasa Indonesia Kls 10
 
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Tabel 5.1 Halaman 116 Bab 5

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Tabel 5.1 Halaman 116 Bab 5

Tabel 5.1 Isian pengertian biografi pahlawan

Soal
  Untuk lebih memahaminya, carilah beberapa pengertian biografi dari beberapa sumber. Tuliskan pengertian biografi dan sumbernya dalam isian tabel berikut!

Tabel 5.1 Isian pengertian biografi pahlawan


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Kunci Jawaban 
1.Sumber : KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
   Pengertian : Riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain
 
2.Sumber : wikipedia
   Pengertian : Karya sastra yang berisikan riwayat hidup seorang tokoh ternama. Biografi berasal dari bahasa yunani yakni dari kata bios dan grafien. Kata bios berarti hidup dan grafien berarti menulis, sehingga biografi memuat riwayat hidup yang berisi prestasi istimewa seseorang.
 
3.Sumber : Para ahli ( Toyidin ) 2013 : 292
   Pengertian : Biografi adalah riwayat hidup seseorang atau tokoh yang ditulis oleh orang lain. Pembaca membaca biografi orang lain biasanya ingin tahu ideologinya, kehidupannya, perjuangannya, dan lain-lain. Hal-hal tersebut yang dianggap baik tentu diteladani dan dijadikan tolak ukur dirinya.

3.Sumber : Para ahli ( Istiqomah)
   Pengertian : Riwayat hidup seseorang yang diceritakan lewat tulisan. Istiqomah juga menyebutkan bahwa penulis dalam membuat biografi berperan sebagai orang ketiga. Dalam hal ini, penulis memiliki hak cipta atas karya tokoh yang dituliskan. Sedangkan, tokoh yang ditulis sebagai narasumber.