Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Tabel 6.5 Halaman 166 - 167 Bab 6

 Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk Kelas 10 halaman 166 - 167 Pembahasan kali ini kita akan bahas Tabel 6.5 Isian jenis citraan dalam puisi yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Halaman 166 - 167 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 6 Berkarya dan Berekspresi Melalui Puisi ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Tabel 6.5 Bab 6 Hal 166 - 167 Bahasa Indonesia Kls 10
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Tabel 6.4 Halaman 166 - 167 Bab 6
 

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Tabel 6.5 Halaman 166 - 167 Bab 6 

Tabel 6.5 Isian jenis citraan dalam puisi

Soal
di bawah ini merupakan beberapa kutipan teks puisi. Bacalah dengan saksama kutipan teks puisi tersebut, kemudian tentukan jenis citraan dan efeknya bagi pembaca.
Tabel 6.5 Isian jenis citraan dalam puisi

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Kunci Jawaban 
 
I. Kutipan Puisi : Kebun Hujan
 Jenis Citraan : Citraan Pengelihatan
Efek bagi Pembaca : Seolah-olah dapat memandang atau melihat hujan yang turun serta daun-daun yang berguguran pada saat hujan dalam kutipan karya Antologi Celana Pacar Kecilku di Bawah Kibaran Sarung.
 
2. Kutipan Puisi : Asmarandana
 Jenis Citraan : Citra Pendengaran
Efek bagi Pembaca : pembaca seolah dapat merasakan dan mendengar bunyi kepak sayap kalelawar dan langkah kuda dalam kutipan karya Antologi Asmaradana.
 
3. Kutipan Puisi : Pemandangan Senjakala
Jenis Citraan : Citra Penciuman
Efek bagi Pembaca : pembaca seolah-olah dapat merasakan dan mencium bau mesin dalam kutipan karya Antologi Blues untuk Bonnie.
 
4. Kutipan Puisi : Di sisimu
 Jenis Citraan : Citra Peraba
Efek bagi Pembaca : pembaca seolah dapat merasakan dan akan-akan bisa meraba dekapan dalam kutipan karya Antologi Angsana.
 
5. Kutipan Puisi : Diponegoro
Jenis Citraan : Citra Gerak
Efek bagi Pembaca : pembaca seolah dapat merasakan ransangan dari gerakan yang ditimbulkan dalam kutipan karya Antologi Aku ini Binatang Jalang.
 
6. Kutipan Puisi : Pembicaraan
Jenis Citraan : Citra Pengecap
Efek bagi Pembaca : pembaca seolah dapat mengimplementasikan citraan dalam indra pengecapan yaitu efek rasa pahit dalam kutipan karya Antologi Daerah Perbatasan.
 
7. Kutipan Puisi : Kebun Hujan
Jenis Citraan : Citra Penglihatan
Efek bagi Pembaca : pembaca adalah seolah-olah dapat melihat angin dalam kutipan karya Antologi Celana Pacar Kecilku di Bawah Kibaran Sarung.
 
8. Kutipan Puisi : Ditengah Jalan
Jenis Citraan : Citra Pendengar
Efek bagi Pembaca : seolah-olah dapat merasakan bunyi yang timbul dari suara kereta penghabisan dalam kutipan karya Antologi Gendang Pengembara.
 
9. Kutipan Puisi : Catatan Kaki Sehabis Demonstrasi
Jenis Citraan : Citra Penglihatan
Efek bagi Pembaca : pembaca seolah dapat menggambarkan dan memandang yang diutarakan penulis dalam kutipan karya Antologi Lalu Waktu.
 
10. Kutipan Puisi : Suara Terompet Akhir Tahun
Jenis Citraan : Citra Pendengaran
Efek bagi Pembaca : pembaca seolah dapat mendengar dan merasakan yang penulis tulis dalam kutipan karya Antologi Selepas Kata.