Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Jurnal Membaca Halaman 49 - 50 Bab 2

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk Kelas 10 halaman 49 - 50 Pembahasan kali ini kita akan bahas Jurnal Membaca Halaman 49 - 50 yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Halaman 48 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 Mengungkapkan Kritik Lewat Senyuman ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Jurnal Membaca Bab 2 Hal 49 - 50 Bahasa Indonesia Kls 10
 
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Jurnal Membaca  Halaman 49 - 50 Bab 2

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Jurnal Membaca  Halaman 49 - 50 Bab 2

Jurnal Membaca Halaman 49 - 50

Soal
 Sekarang, identifikasikanlah hubungan antara latar belakang penulis dan isi novel yang kalian baca. Sebelumnya, kalian harus membaca referensi terkait penulis agar dapat memahami latar belakangnya.
Kalian dapat menggunakan novel-novel berikut untuk dianalisis. Kalian pun dapat menggunakan novel lain yang dapat dibaca, baik dari per- pustakaan maupun sumber lainnya. 
1. Kubah karya Ahmad Zamzuri; 
2. Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer;
3. Pertemuan Dua Hati karya N.H. Dini; dan 
4. Lembata karya F. Rahardi. Gunakanlah bagan berikut untuk mengidentifikasi kemunculan latar belakang penulis dalam novel!
 
Sekarang, identifikasikanlah hubungan antara latar belakang penulis dan isi novel yang kalian baca. Sebelumnya, kalian harus membaca referensi terkait penulis agar dapat memahami latar belakangnya. Kalian dapat menggunakan novel-novel berikut untuk dianalisis. Kalian pun dapat menggunakan novel lain yang dapat dibaca, baik dari per- pustakaan maupun sumber lainnya.


Kunci Jawaban 
  
Identitas buku 
(penulis, tahun terbit, judul, penerbit, dan jumlah halaman)
Tahun Terbit : 2003
Judul             : Pertemuan Dua Hati
Pengarang    : N.H.Dini
Penerbit        : PT. Gramedia Pustaka Utama
Warna Cover : Hijau
Tebal Buku  : 85 halaman
 
Latar belakang pengarang yang muncul 
(budaya, sosial, pendidikan, dll.)
Pengarang novel ini bernama Nurhayati Sri Hardini Siti NuKatin (lahir di Semarang, Jawa Tengah, 29 Februari 1936) atau lebih dikenal dengan nama N.H. Dini. Beliau adalah Sastrawati dan Novelis di Indonesia. N.H. Dini dilahirkan dari pasangan Saljowidjojo dan Kusaminah. Ia anak bungsu dari lima bersaudara. Ulang tahunnya dirayakan setiap empat tahu sekali. Masa kecilnya penuh larangan. Konon, ia masih berdarah Bugis. Beliau mengaku mulai tertarik menulis sejak kelas tiga SD. Buku-buku pelajarannya penuh dengan tulisan yang mengungkapkan pikiran dan perasaannya. Ia sendiri mengakui bahwa tulisannya itu adalah pelampiasan hati. 
Nilai moral
pada novel “Pertemuan Dua Hati” (Karya: NH.Dini) terdapat pada halaman 32 alinea 1 yang isinya “... kami semua sepaKat bahwa anak-anak tumbuh tidak hanya memerlukan makanan, mereka juga membutuhkan kemesraan, menginginkan perhatian, rasa cinta kepada mereka yang diperlihatkan, menanamkan benih kekuatan tersendiri........”.
Nilai Sosial         
Hubungan antara seorang guru dengan anak didiknya adalah tidak hanya sebatas memberikan pelajaran dikelas melalui sistem program kurikulum, melainkan seorang guru harus lebih deKat dan penuh kasih sayang tehadap semua anak didknya. Agar dapat melahirkan generasi penerus yang dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

Kutipan dalam novel yang menggambarkan latar belakang penulis.