Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 140 Bab 5

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk Kelas 10 halaman 140 Pembahasan kali ini kita akan bahas yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Halaman 140 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 5 Memetik Keteladanan dari Biografi Pahlawan ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Bab 5 Hal 140 Bahasa Indonesia Kls 10
 
Hatta menyelesaikan sekolah Europese Lagere School, ELS pada tahun 1916 selanjutnya tahun 1919 Hatta lulus dari Meer Uitgebreid Lagere Onderwijs: MULO di Padang. Kalimat perbaikan: .....

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 140 Bab 5

Soal
    Berikut ini beberapa kalimat yang memiliki kesalahan penulisan tanda baca. Silakan tulis kalimat perbaikan dan alasannya atau dasar kaidah penulisan tanda bacanya!

1. Hatta menyelesaikan sekolah Europese Lagere School, ELS pada tahun 1916 selanjutnya tahun 1919 Hatta lulus dari Meer Uitgebreid Lagere Onderwijs: MULO di Padang.
Kalimat perbaikan:

2. Pada saat Hatta dipilih menjadi Ketua PI, dia menyampaikan pidato inagurasy yang berjudul Economische Wereldbouw en Machtstegenstellingen, Struktur Ekonomi Dunia dan Pertentangan
Kekuasaan. Kalimat perbaikan:
 
3. Hatta berkata; Bagi pemuda Indonesia, ia lebih suka melihat Indonesia tenggelam ke dasar laut dari pada mempunyainya sebagai jajahan orang kembali.
Kalimat perbaikan:

4. Kemudian pada 8 Maret 1943 Empat Serangkai seperti Soekarno Hatta Ki Hadjar Dewantara dan KH Mas Mansur mendirikan Poetera; Pusat Tenaga Rakyat.
Kalimat perbaikan:

5. Pada tanggal 23 September 1927 Hatta bersama Ali Sastroamidjojo- Nazir Datuk Pamuntjak-Abdul Madjid Djojoadhiningrat; ditangkap oleh penguasa Belanda
Kalimat perbaikan:

 
Kunci Jawaban 
 
I. Kalimat perbaikan: Singkatan yang menjelaskan sebuah nama diberi tanda kurung.
 
2. Kalimat perbaikan: Penjelasan yang menjelaskan sebuah bahasa asing diberi tanda kurung.

3. Kalimat perbaikan: Kata langsung yang dikatakan oleh seseorang diberi tanda petik.
 
4. Kalimat perbaikan:  Tanda koma harus digunakan dalam kalimat tersebut sebagai pemisah di antara unsur-unsur dalam suatu pemerincian atau pembilangan.
 
5. Kalimat perbaikan: 1.Tanda koma digunakan untuk memisahkan keterangan kalimat dengan subjek kalimat dan perincian dalam kalimat.
2. Tanda titik diberikan di akhir kalimat. 
3.Tanda titik koma digunakan sesuai dengan fungsinya.