Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 42 Kegiatan 3 Bab 2

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk Kelas 11 halaman 42 Pembahasan kali ini kita akan bahas Kegiatan 3 Menjawab pertanyaan berita berdasarkan video. yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Halaman 42 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 Menyajikan Berita Inovasi yang Menghibur ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Kegiatan 3 Bab 2 Hal 40 Bahasa Indonesia Kls 11
 
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 42 Kegiatan 3 Bab 2

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 42 Kegiatan 3 Bab 2

Kegiatan 3 Menjawab pertanyaan berita berdasarkan video Bab 2 Halaman 42

Soal
Bersama kelompok kalian, simaklah paparan berita dalam bentuk video “Go Digital Strategi UMKM Bertahan di Tengah Pandemi” melalui tautan ini.
 
Video 1  “Go Digital Strategi UMKM Bertahan di Tengah Pandemi”

 Bersama kelompok yang sama, jawablah pertanyaan berikut ini.

1. Apa gagasan utama dalam tayangan video yang telah kalian saksikan?

2. Kapan peristiwa para pedagang melakukan usaha memakai konsep go digital terjadi?

3. Mengapa industri kreatif sangat terdampak oleh pandemi? Jelaskan alasan kalian.

4. Apa hubungan antara pandemi dengan penghasilan para pedagang industri kreatif? Jelaskan jawaban kalian.

5. Dampak apakah yang dirasakan pedagang saat mereka beralih ke konsep go digital?

6. Bagaimana tanggapanmu terhadap tindakan para pedagang untuk beralih ke penjualan dengan platform digital?
 
 

Kunci Jawaban 
1. Gagasan utama dalam tayangan video adalah Berbagai usaha UMKM yang menggunakan fasilitas digital lewat internet untuk bertahan pada masa pandemi.
 
2. Peristiwa terjadi pada Maret – November 2022
 
3. Industri kreatif memerlukan pelanggan yang datang ke tempat usaha atau pertunjukan agar dapat memirsa hasil karya atau produk pelaku usaha. Selama masa pandemi terdapat pembatasan kerumunan dan perjalanan sehingga para calon pelanggan tidak dapat mengakses produk pelaku usaha.
 
4. Pembatasan jam buka usaha, pembatasan kerumunan, dan pembatasan perjalanan untuk mencegah semakin parahnya pandemi mengakibatkan tidak ada pelanggan yang dapat membeli produk pelaku usaha industri kreatif. Karena tidak ada transaksi pembelian, omzet para pedagang menurun drastis dan produk pun menumpuk tidak terbeli.
 
5. Penghasilan para pedagang meningkat seiring dengan makin banyak- nya pengakses pasar digital pelaku usaha UMKM.
 
6. Tindakan para pedagang untuk beralih ke penjualan dengan platform digital adalah suatu hasil kreativitas dan keuletan pelaku usaha UMKM yang berharap penjualan nya akan meningkat merupakan suatu hal yang tidak ada salahnya dan merupakan tindakan yang bijak