Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 14 - 15 Kegiatan 2 Bab 1

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk Kelas 11 halaman 14 - 15 Pembahasan kali ini kita akan bahas kegiatan 2 yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Halaman 14 -15 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Mengenalkan dan Mempromosikan Produk Pangan Lokal Indonesia ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Kegiatan 2 Bab 1 Hal 14 - 15 Bahasa Indonesia Kls 11
 
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 14 - 15  Kegiatan 2 Bab 1

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 14 - 15  Kegiatan 2 Bab 1

Kegiatan 2 Bab 1 Halaman 14 , 15

Soal
 Setelah kalian membaca teks di atas, buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa. Setelah itu, diskusikan dan jawablah pertanyaan di bawah ini.

1.Jawablah dengan benar atau salah soal-soal di bawah ini!
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 14 - 15  Kegiatan 2 Bab 1
 
 
2. Berilah tanda (√) pada tabel di bawah ini untuk menjelaskan perbedaan antara kalimat fakta dan kalimat opini!
Berilah tanda (√) pada tabel di bawah ini untuk menjelaskan perbedaan antara kalimat fakta dan kalimat opini!
Berilah tanda (√) pada tabel di bawah ini untuk menjelaskan perbedaan antara kalimat fakta dan kalimat opini!
 
 
3. Berdasarkan hasil diskusi pada soal nomor 2, buatlah kesimpulan tentang perbedaan antara kalimat fakta dan kalimat opini dengan menggunakan pola pengembangan deduksi. Jangan lupa dalam paragraf yang kalian buat juga harus memperhatikan penggunaan ejaan yang baik.


Kunci Jawaban 
1. Pernyataan benar atau salah
  1. Berikut adalah kalimat fakta: Pengenalan sagu dan ketela sebagai pengganti beras kepada masyarakat mendesak dilakukan. ( salah  )
  2. Berikut adalah kalimat opini: Ketela mulai ditanam di daerah Kalimantan secara besar-besaran tahun 2017 dan panen raya akan terjadi awal tahun 2019. ( salah )
  3. Berikut adalah kalimat fakta: Pemerintah memberikan bantuan berupa pupuk kepada petani yang mau menanam tanaman selain padi tahun ini. ( benar)
  4. Berikut adalah kalimat opini: Masyarakat perkotaan terutama di Jakarta, Surabaya, dan Makasar mulai menyukai umbi-umbian sebagai makanan alternatif pengganti beras. ( benar)
  5. Berikut adalah kalimat fakta: Untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri pemerintah melakukan impor beras dari Vietnam. ( benar)

 

2. Kalimat fakta dan kalimat opini
  1. Dapat dibuktikan kebenarannya karena berasal dari kejadian yang sebenarnya.(kalimat fakta)
  2. Bersifat subjektif dan biasanya disertai dengan pendapat, saran, dan uraian yang menjelaskan. (kalimat opini)
  3. Berisi data-data yang bersifat kuantitatif (berupa angka) dan kualitatif (berupa pernyataan). (kalimat fakta)
  4. Berisi pendapat tentang peristiwa yang terjadi yang bisa berupa pikiran atau pendapat seseorang maupun kelompok. (kalimat opini)
  5. Biasanya ditandai dengan penggunaan kata- kata bisa jadi, sepertinya, mungkin, seharusnya, sebaiknya.( kalimat opini)
  6. Mempunyai data yang akurat, baik waktu, tanggal, tempat, dan peristiwanya.(kalimat fakta)
  7. Kenyatakan kejadian yang sedang atau telah dan pernah terjadi.(kalimat fakta)
  8. Menunjukkan peristiwa yang belum pasti terjadi atau terjadi dikemudian hari (kalimat opini)
 
 
3. Kesimpulannya sebagai berikut :
    Kalimat fakta adalah suatu hal yang benar terjadi dan dapat diperoleh melalui pengamatan terhadap suatu objek atau kejadian tertentu serta berisi informasi yang dapat dibuktikan kebenarannya.
    Kalimat opini adalah pendapat atau pikiran seseorang yang belum tentu benar karena tidak ada bukti kebenarannya. Opini berisi hasil pendapat baik dari perorangan maupun kelompok.