Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 46 Kegiatan 2 Bab 2

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk Kelas 11 halaman 46 Pembahasan kali ini kita akan bahas Kegiatan 2 Menganalisis Vlog. yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Halaman 46 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 Menyajikan Berita Inovasi yang Menghibur ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Kegiatan 2 Bab 2 Hal 46 Bahasa Indonesia Kls 11
 
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 46 Kegiatan 2 Bab 2

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 46 Kegiatan 2 Bab 2

Kegiatan 2 Menganalisis Vlog Bab 2 Halaman 46

 Soal
Kegiatan 2 Menganalisis vlog. Perhatikan vlog “Untuk Bertahan di Tengah Pandemi, Perajin Mebel Ubah Haluan Jadi Produksi Mainan Edukasi” di bawah ini. Bentuklah kelompok bersama 3-4 kawan kalian. Diskusikan secara berkelompok beberapa hal terkait dengan inovasi serta keterkaitannya dengan usaha untuk menjaga kota dan komunitas yang keberlanjutan
 
Untuk Bertahan di Tengah Pandemi, Perajin Mebel Ubah Haluan Jadi Produksi Mainan Edukasi 
 
Berdasarkan tayangan video “Untuk Bertahan di Tengah Pandemi, Perajin Mebel Ubah Haluan Jadi Produksi Mainan Edukasi”, jawablah pertanyaan- pertanyaan berikut. 
 
1. Apakah produk yang kini digeluti perajin pada vlog di atas? 
 
2. Mengapa produk baru ini dipilih oleh perajin? Jelaskan keterkaitannya dengan ciri teks berita kepentingan masyarakat. 
 
3. Di manakah tempat kerajinan ini diproduksi? Sebutkan salah satu tujuan pengiriman produk tersebut. Jelaskan keterkaitannya dengan ciri teks berita kedekatan lokasi. 
 
4. Mengapa produk baru ini lebih menarik? Jelaskan keterkaitannya dengan ekspresi emosional (human interest). 
 
5. Apakah yang diharapkan oleh pembuat vlog kepada kita saat memirsa dan menyimak vlog tersebut?
 
 

Kunci Jawaban 
 
1. Seorang perajin mebel di Malang beralih memproduksi mainan edukasi anak yang terbuat dari kayu khusus untuk sekolah Montessori.
 
2. Pesanan mebel menurun karena terdampak pandemi sehingga penghasilan perajin mebel menurun. Dengan beralih memproduksi mainan anak dari kayu, pesanan dari sekolah-sekolah Montessori meningkat, baik dari sekolah di dalam negeri maupun dari luar negeri seperti Singapura. Hal ini berdampak positif terhadap kepentingan masyarakat karena roda ekonomi mulai berputar sehingga penghasilan perajin dan penyedia bahan baku kayu meningkat.

3. Mainan anak ini diproduksi di Malang. Salah satu tujuan pengiriman ekspor adalah negara tetangga, Singapura. Teks berita ini menarik karena menceritakan keberhasilan perajin di Malang yang terletak di negara Indonesia. Dalam hal ini kedekatan lokasi adalah negara Indonesia yang menyebabkan teks berita ini menarik bagi penduduk Indonesia.

 
4. Keterkaitan antara informasi dan gambar yang ada dalam vlog  menunjukkan bahwa jenis permainan dari kayu yang dibuat oleh Yusuf Affandi jenisnya bermacam-macam. Gambar itu menunjukkan bahwa inovasi yang dilakukan adalah kayu dapat bernilai tambah dalam dunia pendidikan khususnya sekolah-sekolah Montessori. Kegigihan perajin untuk beralih membuat alat-alat permainan yang menggunakan bahan kayu merupakan salah satu ekspresi emosional yang dapat menarik simpati pembaca.
 
5. Harapannya adalah mengajak pemirsa untuk selalu gigih, tidak patah semangat, dan selalu berinovasi karena dalam keterbatasan selalu ada jalan untuk bertumbuh.