Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 109 Soal Membaca Bab 5

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Bahasa Indonesia untuk Kelas 4 halaman 109 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia Soal Membaca Ditukar dengan apa Halaman 109 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas IV SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Bab 5 Bertukar atau Membayar ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini  diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Soal Membaca Hal 109 Bahasa Indonesia Kls 4
 
Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Soal Membaca Halaman 109 Bab 5

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 4 Halaman 109 Soal Membaca Bab 5

Ditukar Dengan Apa Hal 109

SOAL :
 
Apakah kalian menyukai cerita “Ditukar dengan Apa?” tersebut? Bagian mana yang paling kalian sukai? Dapatkah kalian mengingat dan memahami jalan ceritanya? Apa saja peristiwa yang dialami para tokohnya? 
 
Untuk memeriksanya, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini! Kalian boleh mengerjakannya berdua dengan teman. 
 
1. Pada awalnya, bagaimana cara yang digunakan hewan-hewan di Hutan Kelayau untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan? 
 
2. Mengapa pembayaran dengan batu tidak jadi mereka lakukan? 
 
3. Mengapa Sa Angsa tidak membuat uang kayu yang bertuliskan angka 3 atau 4? 
 
4. Pernahkah kalian melakukan barter atau melihat orang melakukan barter? Jika ya, barang apa yang saling dipertukarkan? 
 
5. Apakah menggunakan uang kayu telah menyelesaikan persoalan di Hutan Kelayau?
 
 
 

JAWABAN :

1. Hewan-hewan tersebut menukarkan hasil kebun atau barang yang mereka punya dengan barang yang mereka inginkan di pasar.

2. Karena jika menggunakan batu terlalu berat untuk dibawa-bawa, sehingga sebagian hewan keberatan jika batu menjadi alat pembayaran.
 
3. Karena uang kayu angka 3 atau 4 sudah dibuatkan oleh Ela.

4. Pernah melihat seseorang melakukan barter di pasar, barter artinya menukar barang yang kita belum punya tapi dimiliki orang lain sehingga terjadi penukaran.
 
5. Walaupun uang kayu tidak seawet uang batu, Ela berhasil mengatasinya dengan hanya memakai kayu dari pohon tertentu yang lebih kuat.