Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 116 Ayo Berlatih Bab 5

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 10 halaman 116 Pembahasan kali ini kita akan bahas Ayo Berlatih yang ada pada buku paket IPA Bab 5 Struktur Atom - Keunggulan Nanomaterial 116 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Ayo Berlatih Bab 5 Hal 116 IPA Kls 10

Kunci Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 116 Ayo Berlatih Bab 5

Kunci Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 116 Ayo Berlatih Bab 5

Ayo Berlatih Halaman 116 Bab 5

Soal 
Analisislah Gambar 5.3 lalu jawablah pertanyaan berikut:

1) Deskripsikan pengertian jari-jari atom.

2) Bagaimana cara menentukan jari-jari atom dari dua atom identik yang bergabung membentuk molekul?

3) Berapa jari-jari atom Hidrogen jika diketahui jarak antara dua atom Hidrogen yang membentuk molekul H2 adalah 76 pm?


JAWABAN: 

1. Jari-jari atom merupakan jarak dari inti atom ke elektron terluar. Dalam satu periode jari-jari atom memiliki kecenderungan untuk memiliki nilai yang semakin kecil dari kiri ke kanan. Sedangkan dalam satu golongan dari atas ke bawah, memiliki kecenderungan memiiki nilai yang lebih besar. Hal ini berkaitan dengan jumlah elektron yang mempengaruhi pada jumlah lintasan/kulit elektron dan jumlah proton yang berkaitan dengan gaya tarik menarik antara elektron dan inti.


2. Cara menentukan jari-jari atom dari dua atom identik yang bergabung membentuk molekul adalah dengan rumus:
[Jari-jari atom = ½ × panjang ikatan molekul]

Pada tabel periodik, atom-atom satu periode memiliki jumlah kulit yang sama. Namun, semakin ke kanan maka panjang jari-jari atom akan semakin kecil. Hal ini diakibatkan penambahan elektron pada kulit terluar mengakibatkan gaya tarik-menarik antara inti atom dengan kulit semakin kuat. Sehingga kulit atom tertarik semakin dekat ke inti, yang mengakibatkan jari-jari atom semakin kecil.

Atom-atom di sekitar kita cenderung tidak mau berdiri sendiri. Karena itulah, mereka bereaksi dengan unsur-unsur lain dan membentuk senyawa baru demi mencapai kestabilan. Molekul dapat dibentuk dari atom-atom yang berbeda maupun dari atom-atom yang sejenis.

3.  38
Penjelasan :
jari-jari atom adalah jarak antara inti atom dengan elektron terluar, pada molekul H2 ikatan yg terjadi adalah ikatan kovalen non polar. panjang ikatan kovalen adalah jarak antara inti atom yg satu dengan inti atom yg lain, artinya 76 pm adalah panjang antara inti atom H yg satu dengan inti atom H yg lain. karena H2 adalah ikatan kovalen polar, maka elektron terterik sama kuat oleh kedua atom sehingga elektron berada dijarak yg sama dengan kedua inti atom.

oleh karena itu untuk menentukan jari-jari atom Hidrogen 76 pm : 2 = 38 pm