Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 36 Ayo Berlatih Bab 2

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 10 halaman 39 Pembahasan kali ini kita akan bahas Ayo Berlatih yang ada pada buku paket IPA Bab 2 Virus dan Peranannya Halaman 39 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas VIII SMP/MTS. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Ayo Berlatih Bab 2 Hal 36 IPA Kls 10

Kunci Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 36 Ayo Berlatih Bab 2

Kunci Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 36 Ayo Berlatih Bab 2

Ayo Berlatih Hallaman 36 Bab 2

Soal
1. Urutkanlah proses tahapan proses replikasi virus berikut.
            Dilihat dari tahapannya, siklus apakah yang terjadi?

2. Identifikasilah persamaan dan perbedaan siklus litik dan lisogenik dengan menggunakan diagram venn berikut.


3. Berikut adalah penggalan berita hoax atau bohong tentang bagaimana virus corona memperbanyak diri. Virus corona yang tanpa sengaja menempel pada kulit tangan, akan menginfeksi sel-sel pada kulit tangan. Ketika virus corona menempel pada permukaan sel inang, virus menginjeksikan RNA ke dalam sel inang dan memerintahkan sel inang untuk memproduksi partikel virus. Itulah mengapa kita harus mencuci tangan agar virus tidak menginfeksi sel kulit.
a. Berdasarkan paragraf tersebut, pernyataan mana sajakah yang benar?
b. Menurut Kalian, kegiatan laboratorium manakah yang dapat membuktikan bahwa mencuci tangan dapat mengurangi infeksi virus?

Apa alasan Kalian menyatakan benar atau salah?
JAWABAN:
1. Urutan tahapan proses replikasi virus yang benar yaitu: tahap pelekatan – tahap penetrasi – tahap sintesis – tahap perakitan – tahap lisis. Berdasarkan tahapannya siklus yang terjadi pada replikasi virus tersebut adalah siklus litik.
2. Virus merupakan salah satu organisme yang dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit pada makhluk hidup. Identifikasilah persamaan dan perbedaan siklus litik dan lisogenik menggunakan diagram venn antara lain sebagai berikut:
  • Perbedaan siklus litik dan lisogenik: siklus litik mengalami lisis sedangkan siklus lisogenik tidak mengalami lisis.
  • Persamaan siklus litik dan lisogenik (irisan): sama-sama diinjeksikan ke dalam inangnya.
3. a. Terdapat beberapa pernyataan yaitu:
  • Virus corona yang tanpa sengaja menempel pada kulit tangan, akan menginfeksi sel-sel pada kulit tangan.
  • Ketika virus corona menempel pada permukaan sel inang, virus menginjeksikan RNA ke dalam sel inang dan memerintahkan sel inang untuk memproduksi partikel virus.
  •  pernyataan b merupakan kita harus mencuci tangan agar virus tidak menginfeksi sel kulit.
     b. a) Mengamati di bawah mikroskop elektron sel kulit tangan yang terpapar virus corona dan sel kulit tangan yang telah dicuci dengan sabun. (BENAR)
Alasannya :  Virus merupakan mikroorganisme parasit intraseluler obligat yang mengandung material genetik (DNA atau RNA), protein, dan lipid (lemak). Karena terdapat lemak dalam tubuh virus, maka untuk merusak tubuh virus tersebut bisa menggunakan sabun. Sabun mengandung gugus hidrofilik (dapat larut dengan air) dan gugus hidrofobik (dapat larut dengan minyak). Gugus hidrofilik akan berinteraksi dengan air, sedangkan gugus hidrofobik akan berinteraksi dengan lemak (lipid). Dengan komposisi seperti itu, sabun dapat merusak struktur luar virus yang berupa protein dan lipid (lemak).  Ketika molekul sabun menembus ke dalam tubuh virus, sabun akan membelah virus, melepaskan isinya ke dalam air sabun sekitarnya, kemudian partikel virus ikut tersapu oleh air. Virus berukuran 20 nm - 300 nm, sehingga untuk mengamati virus harus menggunakan mikroskop elektron.