Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 73 Ayo Cek Pemahaman Bab 3

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas 10 halaman 73 Pembahasan kali ini kita akan bahas Ayo Cek Pemahaman yang ada pada buku paket IPA Bab 3 Kimia Hijau dalam Pembangunan Berkelanjutan 2030  Halaman 73 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas X SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Ayo Cek Pemahaman Bab 3 Hal 73 IPA Kls 10

Kunci Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 73 Ayo Cek Pemahaman Bab 3

Kunci Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 73 Ayo Cek Pemahaman Bab 3

Ayo Cek Pemahaman Halaman 73 Bab 3

 Soal 1
Analisis grafik pada Gambar 3.10 di atas, prinsip kimia hijau yang manakah yang harus dipenuhi untuk mencegah peningkatan gas rumah kaca di Indonesia dari tahun ke tahun? Sarankan upaya apa saja yang harus dilakukan oleh ke-6 sektor yang tertera pada Gambar tersebut
Soal 2
Nyatakan Benar atau Salah Pernyataan-pernyataan berikut beserta alasan kenapa Kalian menjawab demikian.
a) Tidak semua reaksi kimia menghasilkan zat-zat yang berbahaya. Contohnya adalah penggunaan soda kue dalam proses memanggang adonan roti. Gas karbondioksida yang dihasilkan akan membuat roti menjadi empuk dan enak disantap.

b) Reaksi kimia pembakaran tak sempurna misalnya membakar sampah di udara terbuka tidak akan mencemari lingkungan karena menghasilkan gas karbonmonoksida yang aman bagi makhluk hidup.

c) Biosolar B-30 adalah salah satu upaya pemerintah untuk menerapkan prinsip kimia hijau yaitu menggunakan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan.
JAWABAN: 
 Soal 1

Upaya yang harus dilakukan ke-6 sektor:

  • Kebakaran gambut
Mengurangi pembukaan lahan dengan cara pembakaran dan melakukan kontrol lahan, untuk meminimalisir kebakaran karena musim kemarau.
  • Penggunaan hutan dan lahan lain
Mengurangi pembukaan lahan tanpa adanya alternatif kawasan hijau, agar jumlah pohon tetap dapat menyerap emisi karbon.
  • Pertanian

Menggunakan pupuk organik dan meminimalisir bahan kimia berbahaya.

  • Limbah

Pengolahan limbah dengan penerapan metode analisis real time.

  • Industri

Banyak yang dapat dilakukan industri, diantaranya menggunakan bahan baku terbarukan dan merancang proses sintesis yang aman.

  • Sumber energi

Menggunakan energi baru dan terbarukan (EBT). 

 

Soal 2
A. Tidak semua reaksi kimia menghasilkan zat-zat yang berbahaya. Contohnya adalah penggunaan soda kue dalam proses memanggang adonan roti. Gas karbondioksida yang dihasilkan akan membuat roti menjadi empuk dan enak disantap.
Pernyataan tersebut adalah BENAR
Alasan :
Soda kue dengan rumus kimia NaHCO3 digunakan mengembangkan kue/roti. Ketika dipanaskan dengan adonan roti, NaHCO3 terurai dengan reaksi sebagai berikut.
2NaHCO3 → Na2CO3 + H2O + CO2
Berdasarkan reaksi di atas, dihasilkan gas CO2 yang berguna untuk mengembangkan roti.

B. Reaksi kimia pembakaran tak sempurna misalnya membakar sampah di udara terbuka tidak akan mencemari lingkungan karena menghasilkan gas karbonmonoksida yang aman bagi makhluk hidup.
Pernyataan tersebut adalah SALAH
Alasan : Pembakaran yang tidak sempurna akan menghasilkan abu, jelaga, gas CO, dan partikel asap.

C. Biosolar B-30 adalah salah satu upaya pemerintah untuk menerapkan prinsip kimia hijau yaitu menggunakan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan.
Pernyataan tersebut adalah BENAR
Alasan : B30 adalah suatu campuran 30% fatty acid methyl ester (FAME) dan 70% campurannya yaitu solar. Produk FAME merupakan suatu produk yang berasal dari olahan minyak kelapa sawit atau CPO.