Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 Halaman 21 Mari Refleksikan

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku IPAS untuk Kelas 4 halaman 21. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Mari Refleksikan Halaman 21 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas IV SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab1 Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini  diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Mari Refleksikan Hal 21 IPA Kls4

Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 Halaman 21 Mari Refleksikan

Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 Halaman 21 Mari Refleksikan

Mari Refleksikan Halaman 21

SOAL :
1. Bagaimana cara tumbuhan berbunga berkembang biak?

2. Bagian bunga apa yang berperan dalam proses perkembangbiakan?

3. Apa peran hewan dalam perkembangbiakan tumbuhan?

4. Selain melalui serangga, menurut kalian apalagi yang bisa membantu terjadinya proses penyerbukan?

5. Apa yang terjadi pada bunga setelah melakukan perkembangbiakan?
 
JAWABAN :
1.Untuk mempertahankan keturunannya, suatu organisme harus melakukan reproduksi. Reproduksi ada dua macam yakni secara vegetatif dan generatif. Tumbuhan berbunga berkembangbiak dengan cara generatif yaitu penyerbukan.

2. bagian bunga yang berperan dalam perkembangbiakan adalah benang sari (alat reproduksi jantan) dan putik (alat reproduksi betina)
 
3. Peran hewan dalam perkembangbiakan tumbuhan adalah membantu penyerbukan, yakni membawa serbuk sari dan menjatuhkannya pada tumbuhan lain.

4. Penyerbukan pada tumbuhan biasanya dibantu oleh berbagai perantara yaitu angin, air, serangga, burung, dan juga manusia.
 
5. Setelah perkembangan terjadilah pembuahan. Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan adalah terjadinya tumbuhan baru yang didahului dengan penyerbukan.