Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 Halaman 68 Mari Refleksikan Bab 3

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku IPAS untuk Kelas 4 halaman 68. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Mari Refleksikan Halaman 68 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas IV SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 3 Gaya di Sekitar Kita   ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini  diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Mari Refleksikan Hal 68 IPA Kls 4
 
Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 Halaman 68 Mari Refleksikan Bab 3

Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 Halaman 68 Mari Refleksikan Bab 3

Mari Refleksikan Halaman 68

SOAL :
1. Apa itu gaya?

2. Apa saja kegiatan sehari-hari yang memakai gaya?

3. Kapan gaya gesek terjadi?

4. Apa pengaruh gaya gesek pada suatu benda?

5. Bagaimana cara memperkecil atau memperbesar gaya gesek pada suatu benda?
 
JAWABAN : 
 
1. Gaya adalah interaksi pada benda dalam bentuk tarikan atau dorongan.
 
2. Contoh kegiatan sehari hari yang menggunakan gaya yaitu contoh dari gaya pegas adalah kegiatan memanah, contoh gaya listrik statis adalah menempelnya potongan kertas kecil pada penggaris plastik, contoh gaya magnet adalah besi yang menempel pada magnet, contoh dari gaya gesek yaitu gesekan telapak kaki dan lantai saat berjalan dan contoh gaya gravitasi adalah jatuhnya buah dari pohon ketika sudah matang. Gaya adalah gerakan menaring atau mendorong pada benda. Gaya menyebabkan suatu benda bergerak.
 
3.  Gaya gesek muncul apabila dua buah benda bersentuhan. Benda-benda yang dimaksud di sini tidak mesti berwujud padat, melainkan bisa pula berwujud cair, ataupun gas.

4. gaya gesek mempengaruhi kecepatan gerak benda, yang mengakibatkan gerak benda menjadi lebih lambat karena gaya hambat yang dimiliki gaya gesek itu.

5. Cara memperkecil gaya gesekan adalah memberi roda dan membuat permukaan menjadi halus. Gaya gesekan terbesar adalah balok dilapisi karet. Gaya gesekan terbesar adalah balok ditambah beban. Cara memperbesar gaya gesekan adalah melapisi permukaan dengan karet dan menambah beban pada benda