Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 Halaman 88 Mari Refleksikan Bab 3

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku IPAS untuk Kelas 4 halaman 88. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Mari Refleksikan Halaman 88 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas IV SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 3 Gaya di Sekitar Kita   ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini  diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Mari Refleksikan Hal 88 IPA Kls 4
 
Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 Halaman 88 Mari Refleksikan Bab 3

Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 Halaman 88 Mari Refleksikan Bab 3

Mari Refleksikan Halaman 88

SOAL :
1. Apa akibat gaya gravitasi Bumi pada benda yang ada di Bumi? 
 
2. Menurut kalian apa yang akan terjadi jika tidak ada gaya gravitasi di planet kita? 
 
3. Apa yang menyebabkan udara menghambat benda saat jatuh? 
 
4. Bumi kita berbentuk bulat. Namun, mengapa kita tetap bisa berdiri tegak, ya?
 
JAWABAN : 
 
1. Berat benda di setiap tempat yang berbeda gaya gravitasinya selalu berbeda, manusia bisa menimbang berat benda, segala benda yang ada di bumi letaknya teratur karena ada gaya tarik ke pusat bumi, setiap benda yang berada di ketinggian tertentu mempunyai energi potensial akibat adanya gaya gravitasi bumi.
 
2. Kita tidak dapat menapakkan kaki ke tanah untuk berjalan, karena akan melayang seperti di luar angkasa. Tidak hanya manusia, tetapi semua benda yang ada di Bumi akan melayang. Semua gas yang ada di atmosfer Bumi akan berkumpul dan melayang ke angkasa, sehingga mengakibatkan makhluk hidup di Bumi susah bernapas.
 
3.  Hal yang menyebabkan udara menghambat benda ketika benda jatuh adalah permukaan benda. Permukaan benda yang luas akan membuat hambatan udara yang besar. Semakin luas permukaan benda, maka menyebabkan benda tersebut akan lama jatuh.
 
4. Kita tetap bisa berdiri tegak walaupun bumi berbentuk bulat dikarenakan adanya gaya gravitasi bumi yang kuat.