Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 27 Mari Refleksikan

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku IPAS untuk Kelas 5 halaman 27. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Mari Refleksikan Halaman 27 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas V SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Melihat karena Cahaya, Mendengar karena Bunyi ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini  diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Mari Refleksikan Hal 27 IPAS Kls 5
 
Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 27 Mari Refleksikan

Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 27 Mari Refleksikan

Mari Refleksikan Halaman 27

SOAL :
1. Hal menarik apa yang kalian dapatkan pada topik kali ini? 
 
2. Apa perbedaan rambatan pada bunyi dan cahaya? 
 
3. Mengapa kita tidak selalu mendengar gema/gaung walaupun ada benda padat, seperti tembok di sekitar kita? 
 
4. Apa yang memengaruhi jenis-jenis bunyi? 
 
5. Bagaimana kita bisa mengubah nada dan intensitas dari bunyi?
 

JAWABAN :

1.  Bunyi beserta sifat - sifat nya
 
2. Perambatan bunyi dapat muncul saat adanya getaran yang dihasilkan oleh benda atau zat-zat padat, cair, maupun gas, tanpa adanya medium, bunyi tidak bisa muncul.Selain itu, bunyi tidak dapat merambat di ruangan hampa, karena tidak ada mediumnya. Berbeda dengan bunyi, cahaya tidak membutuhkan medium untuk merambat.  Cahaya merambat lurus, sehingga dapat melalui ruang hampa.
 
3. Karena ada benda-benda lain yang menyerap bunyi. Di dalam kelas ada tas, kain, tirai, buku, dan benda-benda lainnya. Di dalam rumah ada bantal, sofa, tirai, baju, karpet, dan benda-benda lainnya. Dengan demikian, pantulan bunyi tidak menghasilkan gaung/gema.
 
4.Tinggi rendah nada, serta intensitas atau gaya yang diberikan dari bunyi tersebut.
 
5.Mengubah tinggi/rendah nada dengan membuat benda bergetar lebih cepat/lambat. Bisa dengan mengencangkan senar, menambah ukuran, dan sebagainya. Mengubah intensitas dari bunyi dengan memberikan gaya yang berbeda.