Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 47 Mari Refleksikan Bab 2

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku IPAS untuk Kelas 5 halaman 47. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Mari Refleksikan Halaman 47 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas V SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 2 Harmoni dalam Ekosistem ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini  diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Mari Refleksikan Hal 47 IPAS Kls 5
 
Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 47 Mari Refleksikan Bab 2

Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 47 Mari Refleksikan Bab 2

Mari Refleksikan Halaman 47

SOAL :
1. Bagaimana makhluk hidup pada suatu ekosistem mendapatkan energi? 
 
2. Bagaimana makhluk hidup dalam satu ekosistem berkaitan satu dengan lainnya? 
 
3. Bagaimana hubungan antara tanaman dan hewan dalam satu ekosistem? 
 
4. Apa itu rantai makanan? 
 
5. Apa saja peran makhluk hidup dalam rantai makanan? 
 
6. Menurut kalian ada di mana posisi manusia dalam rantai makanan?
 

JAWABAN :

1.  Makhluk hidup pada suatu ekosistem bisa mendapatkan energi dari tumbuhan atau sesama hewan.  Dalam ekosistem, makhluk hidup bisa jadi sumber energi atau makanan untuk makhluk hidup lainnya. Nah, di dalam ekosistem inilah, terjadi rantai makanan.

2. Ekosistem adalah suatu sistem yang terbentuk dari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Hubungan antarmakhluk hidup yang khas disebut simbiosis. Di alam dikenal tiga macam kehidupan simbiosis yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, dan simbiosis komensalisme.
 
3. Sebagai produsen, tumbuhan menghasilkan energi dan juga oksigen bagi hewan. Sedangkan hewan selain menjadi konsumen, juga menghasilkan karbondioksida untuk melakukan proses fotosintesis tumbuhan. Energi yang dihasilkan pada proses fotosintesis digunakan oleh tumbuhan untuk tumbuh dan berbuah.
 
4. Rantai makanan adalah sebuah peristiwa makan dan dimakan antara sesama makhluk hidup yang memiliki urutan-urutan tertentu.
 
5. Makhluk hidup di dalam rantai makanan punya peran masing-masing. Ada yang menjadi produsen, konsumen, dan juga dekomposer atau pengurai. 
 
 6. Manusia adalah omnivora atau pemakan tumbuhan dan daging. Selain itu, terdapat beberapa hewan yang juga omnivora. Hal ini menunjukkan bahwa banyak makhluk hidup yang menempati lebih dari 1 tingkat trofik.