Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 8 Mari Refleksikan

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku IPAS untuk Kelas 5 halaman 8. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Mari Refleksikan Halaman 8 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas V SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Melihat karena Cahaya, Mendengar karena Bunyi ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini  diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Mari Refleksikan Hal 8 IPAS Kls 5

Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 8 Mari Refleksikan

Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 8 Mari Refleksikan

Mari Refleksikan Halaman 8

SOAL :
1. Bagaimana perasaan kalian setelah mencoba menjadi ilmuwan? 
 
2. Bagaimana perasaan kalian ketika teman kalian berhasil menebak sifat cahaya dari percobaan yang kalian siapkan? 
 
3. Apa kesulitan yang kalian hadapi saat melakukan kegiatan ini? Bagaimana kalian mengatasinya? 
 
4. Apakah kalian puas terhadap hasilnya? Adakah yang ingin kalian perbaiki dari pekerjaan kelompok kalian? 
 
5. Bagaimana cahaya merambat? 
 
6. Mengapa kalian memiliki bayangan? Dan mengapa bayangan tubuh kalian dapat berubah-ubah? 
 
7. Mengapa kalian bisa melihat bayangan di cermin? 
 
8. Bagaimana pelangi terbentuk? 
 
9. Apakah sifat cahaya yang paling sering kalian rasakan sehari-hari? 
 
10. Bagaimana cahaya berperan terhadap penglihatan kita?

JAWABAN :

1. Aku sangat senang setelah mencoba menjadi ilmuwan rasa penasaranku telah terbayarkan karena berhasil membuktikan sesuatu
 
2. Aku senang karena berhasil menebak sifat cahaya dari percobaan yang telah dilakukan.
 
3. Kesulitan yang kami hadapi saat melakukan kegiatan ini adalah menyiapkan bahan-bahannya. Cara mengatasinya, kami berbagi tugas siapa saja yang akan menyiapkan bahan-bahannya.

4. Aku sangat puas dengan hasilnya aku berharap selanjutnya aku bisa lebih baik dari ini

5. Cahaya merambat lurus. Cahaya adalah gelombang elektromagnetik yang bisa dilihat oleh mata kita. Cahaya bisa merambat tanpa medium atau perantara. Cahaya juga dapat merambat dalam ruang yang hampa. Contohnya cahaya matahari tetap bisa sampai ke bumi meskipun melewati ruang hampa udara di luar angkasa. Dalam merambat cahaya dapat dipantulkan, dibiaskan, atau merambat lurus.

6. Karena tubuh manusia tidak tembus cahaya sehingga terjadi bayangan. Bayangan tubuh berubah-ubah karena arah cahaya dan kedekatannya juga berbeda-beda. Misal, bayangan di ruangan berlampu akan berbeda dengan bayangan di luar dengan Matahari.
 
7. Karena cahaya memantulkan bayangan dari cermin ke mata kita
 
8. Pelangi terbentuk karena adanya pembiasan sinar matahari yang dibelokkan. Sinar ini berpindah arah dari perjalanan satu medium ke medium lainnya oleh tetesan air yang ada di atmosfer. Ketika sinar matahari membentur hujan, sinar tersebut berubah arah (dibiaskan) oleh butiran air di udara. Adanya perbedaan panjang gelombang dan perbedaan sudut ketika sinar matahari dibiaskan meyebabkan warna-warna pada sinar matahari menyebar dan terpisah. Ternyata, ada sinar matahari yang memantul kembali atau lebih tepatnya dipantulkan. Nah saat sinar matahari datang lagi menembus air saat hujan, cahaya tersebut dibiaskan lagi.
 
9. Sifat cahaya yang paling sering kami rasakan sehari-hari adalah:
– Cahaya merambat lurus
– Cahaya bisa dipantulkan
– Cahaya bisa menembus benda bening
– Cahaya bisa dibiaskan
– Ketika cahaya dihalangi akan terbentuk bayangan
 
10. Cahaya datang ke arah benda yang kita lihat kemudian cahaya tersebut dipantulkan ke mata dan diteruskan ke otak kita sehingga kita dapat melihat benda tersebut.