Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 83 Mari Refleksikan Bab 3

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku IPAS untuk Kelas 5 halaman 83. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Mari Refleksikan Halaman 83 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas V SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 3 Magnet, Listrik, dan Teknologi untuk Kehidupan ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini  diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Mari Refleksikan Hal 83 IPAS Kls 5
 
Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 83 Mari Refleksikan Bab 3

Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 83 Mari Refleksikan Bab 3

Mari Refleksikan Halaman 83

SOAL :
1. Apa itu magnet? 
 
2. Apa saja benda-benda yang dapat ditarik magnet? 
 
3. Apa itu garis-garis gaya magnet? 
 
4. Apa yang terjadi jika kedua magnet dengan kutub yang sama didekatkan? 
 
5. Apa yang terjadi jika kedua magnet dengan kutub yang berbeda didekatkan? 
 
6. Apa manfaat magnet dalam kehidupan kita sehari-hari?
 

JAWABAN :

1. Magnet adalah suatu logam yang memiliki kemampuan menarik besi lainnya.

2.Tidak semua benda bisa ditarik oleh magnet. Hanya benda-benda yang mengandung logam yang dapat ditarik oleh magnet. Itu sebabnya dalam percobaan pertama hanya klip besi, jarum, peniti, dan logam yang dapat ditarik oleh magnet
 
3. Garis gaya magnet adalah arah medan magnet yang berupa garis-garis yang menghubungkan kutub-kutub magnet. Garis-garis gaya magnet selalu berawal dari kutub utara magnet dan masuk ke kutub selatan magnet. Garis-garis gaya magnet tidak pernah saling berpotongan.
 
4. Jika kalian mendekatkan dua magnet dengan kutub sejenis maka magnet tersebut akan saling menolak satu sama lain.
 
5. Jika kalian mendekatkan dua magnet dengan kutub yang berbeda maka mereka akan saling tarik menarik
 
 6. Manfaat magnet dalam kehidupan kita sehari-hari
  1. Mengambil benda kecil bersifat logam dari tempat tidak terjangkau atau tidak terlihat, seperti: Sekrup, dan Jarum jahit.
  2. Untuk membuat sebuah benda yang memiliki unsur besi atau logam agar tidak terjatuh atau bergerser, biasanya digunakan pada hiasan kulkas dan papan catur.
  3. Petunjuk arah pada kompas. biasanya ditemukan pada jarum kompas  untuk menunjukkan arah utara atau selatan.
  4. Digunakan untuk benda yang terbuat dari besi agar dapat menempel dengan erat. biasanya fungsi magnet ini digunakan untuk penutuk pintu kulkas, pengunci kotak pensil.
  5. Dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik. Biasanya hal ini berfungsi pada dinamo sepeda atau generator.  (sumber:https://brainly.co.id/tugas/2133500)