Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban IPS Kelas 10 Halaman 64 - 67 Evaluasi Tema 01

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Kelas 10 halaman 64 - 67 Pembahasan kali ini kita akan bahas evaluasi yang ada pada buku paket IPS Halaman 64 - 67, Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas X SMA/SMK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Tema 1 Sejarah Indonesia. ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Evaluasi Tema 1 Hal 64 - 67 IPS Kls 10

Kunci Jawaban IPS Kelas 10 Halaman 64 - 67 Evaluasi Tema 01


Kunci Jawaban IPS Kelas 10 Halaman 64 - 67 Evaluasi Tema 01

Evaluasi Tema 1 Halaman 64, 65, 66, 67

A. Pilihan Ganda  
1. Karya Herodotus yang diakui sebagai historiografi adalah 
a. Sejarah Perang Dunia 
b. Sejarah Masyarakat Viking 
c. Sejarah Perang Persia 
d. Sejarah Masyarakat Tunisia

2. Bacalah artikel di bawah ini dengan cermat! 
Sejarah Museum Nasional Keberadaan museum nasional berawal sejak tanggal 24 April 1778, ketika pemerintah Hindia Belanda mendirikan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BG) yaitu lembaga independen yang memiliki tujuan memajukan penelitan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Dst..
Perhatikan linimasa di bawah ini, untuk menemukan jawaban yang tidak benar!
a. 1752 Berkembangnya Perkumpulan Ilmiah Belanda 
b. 1778 Berdirinya Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BG) 
c. 1862 Kunjungan Raja Thailand 
d. 1979 Penetapan sebagai museum Nasional

3. Yang bukan ciri khas dari historiografi tradisional adalah 
a. Berpusat pada kehidupan istana 
b. Berpusat pada sejarah daerah tertentu 
c. Berpusat pada agama 
d. Berpusat pada Eropa

4. Perhatikan gambar Prasasti Gajah Mada di bawah ini!
Prasasti tersebut merupakan sumber sejarah sebagai 
a. Data primer 
b. Data sekunder 
c. Data tersier 
d. Data pelengkap

5. Bacalah artikel di bawah ini dengan cermat! 
Seorang siswa hendak melakukan penelitian sejarah mengenai daerahnya. Maka dia mengunjungi museum dan mempelajari arsip yang terkait dengan sejarah daerahnya. Selain itu dia juga melakukan wawancara dengan pelaku sejarah yang masih hidup untuk memperkuat sumber sejarah penelitiannya. 
Tahapan penelitian sejarah yang dilakukan oleh siswa tersebut adalah 
a. Heuristik 
b. Kritik dan verifikasi 
c. Interpretasi 
d. Historiografi 

 


Kunci Jawaban Pilihan Ganda
1. c. Sejarah Perang Persia 
2. a. 1752 Berkembangnya Perkumpulan Ilmiah Belanda    
3. d. Berpusat pada Eropa
4. a. Data primer 
5. a. Heuristik 

II. Esai  
Jawablah pertanyaan dengan baik dan benar!

1. Jelaskan mengapa ilmu sejarah bersifat diakronis dan sinkronis?

2. Jelaskan mengapa arsip menjadi sumber sejarah primer?

3. Mengapa manusia menjadi dimensi penting dalam sejarah?

4. Jelaskan berdasarkan pendapat dan pengalaman kalian tentang manfaat sejarah dalam kehidupan sehari-hari? Sertakan dengan dua contoh!

5. Menurut pendapat kalian, mengapa terdapat bias sejarah?

Kunci Jawaban :
1.Ilmu sejarah bersifat diakronis dan sinkronis, karena fokus kajian sejarah adalah mempelajari berbagai peristiwa yang terjadi pada masa lampau sehingga dengan bersifat diakronis dan sinkronis akan menjelaskan dan menganalisis mengenai manusia dalam waktu dan ruang dari suatu peristiwa sejarah.

2. Menurut Lohanda (2011), arsip merupakan sumber utama dikarenakan keberadaan arsip yang tercipta pada waktu yang bersamaan ketika suatu peristiwa bersejarah terjadi. Arsip sebagai bukti untuk menginformasikan suatu peristiwa. Apabila kalian tertarik melakukan penelitian sejarah

3. Manusia menjadi dimensi penting dalam sejarah, karena manusia dalam sejarah adalah penggerak sejarah dengan segenap ide dan tindakan yang dilakukan dalam suatu peristiwa bersejarah. Selain itu, manusia juga menjadi pelaku dan saksi sejarah ketika suatu peristiwa bersejarah terjadi.

4. Manfaat belajar sejarah dikatakan memberikan kesempatan masyarakat untuk memahami berbagai macam hal. Mulai dari perkembangan teknologi, identitas suatu masyarakat, hingga dapat memahami masalah yang terjadi di saat ini. Belajar sejarah membantu Kita Memahami Orang dan Masyarakat. Manfaat sejarah yang pertama adalah dapat membantu kita memahami orang dan masyarakat.

5. Bias sejarah terjadi karena penjelasan atau penggambaran suatu peristiwa sejarah oleh sumber primer yang merupakan pelaku peristiwa tersebut belum tentu identik dengan peristiwa aslinya, dan berpotensi menjelaskan sebatas apa yang dia ingat dan dibumbui sudut pandang masing-masing.