Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 93 Ayo Kerjakan Bab 5

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku PAI untuk Kelas 4 halaman 93 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PAI Ayo Kerjakan Halaman 93 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas IV SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Bab 5  Kisah Hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini  diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Ayo Kerjakan Hal 93 PAI Kls 4
 
Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 93 Ayo Kerjakan Bab 5

Kunci Jawaban PAI Kelas 4 Halaman 93 Ayo Kerjakan Bab 5

Ayo Kerjakan Halaman 93

SOAL :
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar! 
 
1. Apa yang dimaksud dengan hijrah? 
 
2. Apa saja yang menyebabkan Nabi Muhammad saw. hijrah ke Madinah? 
 
3. Apa yang dilakukan oleh kaum musyrik Quraisy untuk mencelakai Nabi Muhammad saw.! 
 
4. Mengapa para pemuda pilihan kaum musyrik gagal mencelakai Nabi Muhammad saw. dan Abu Bakar di gua Ṡūr? 
 
5. Nabi Muhammad saw. berbisik kepada Abu Bakar di kala khawatir waktu bersembunyi di gua Ṡūr
 
 Artikan kalimat tersebut ke Bahasa Indonesia! 
 
6. Mengapa Asma putri Abu Bakar r.a. mendapat gelar Żāt an-Niṭāqain? 
 
7. Apa strategi Nabi Muhammad saw. dalam perjalanan ke Madinah agar selamat? 
 
8. Bagaimana penduduk Madinah menyambut kedatangan Nabi Muhammad saw.? 
 
9. Siapa saja orang yang berperan dalam hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah dan jelaskan pula tugas masing-masing! 
 
10. Jelaskan 2 hikmah di balik peristiwa hijrah?
 

 
 
JAWABAN :
 
1. Secara bahasa hijrah berarti memutuskan atau meninggalkan. Sedangkandalam Kamus Besar Bahasa Indonesia hijrah ialah perpindahan NabiMuhammad saw. bersama sebagian pengikutnya dari Makkah ke Madinahuntuk menyelamatkan diri dari tekanan kaum kafir Quraisy Makkah.
 
2. Ketika memutuskan hijrah ke Madinah diawali beberapa peristiwa yang menjadi sebab pendorongnya, antara lain: 
  • Dakwah Rasulullah saw. di Makkah kurang berkembang karena penolakan orang kafir Quraisy. 
  • Peristiwa Baiat ‘Aqabah serta permintaan penduduk Madinah agar Nabi Muhammad saw. tinggal bersama mereka dan akan membantu untuk berdakwah. 
  • Perintah Allah Swt.untuk berhijrah sudah turun kepada Nabi Muhammad saw
 
3. Mereka memilih dari setiap kelompok kaum musyrik pemuda-pemuda yang tangguh, kemudian mencelakai Nabi Muhammad saw. bersama-sama. Tujuannya agar tugas tersebut tidak hanya ditanggung oleh satu atau dua suku, dengan demikian keluarga besar Nabi Muhammad saw. tidak akan mampu melawan.
 
4. Karena ketika sampai di gua Sur salah satu pemuda Quraisy melihat gua Sur ada sarang laba laba dan kemudian memberitahu hal itu kepada pemuda yang lain. Berkata "Ada sarang laba-laba di tempat itu dan saya lihat juga ada dua ekor burung dara hutan di lubang gua. Jadi saya mengetahui tak ada orang di sana"
 
5. Jangan bersedih hati, sesungguhnya Allah bersama kita.
 
6. Ketika itu juga Asma’ putri Abu Bakar datang dengan bawaan bekal perjalanan, namun waktu bekal itu akan digantung di unta, dia tidak punya tali untuk mengikat, lalu dia memotong ikat pinggangnya dengan cermat. Satu potong untuk mengikat bekal dan yang satu digunakan untuk mengikat pinggangnya. Dengan peristiwa ini Asma’ diberi gelar Żāt an-Niṭāqain (pengguna dua ikat pinggang).
 
7. Dengan petunjuk dan perlindungan Allah Swt., mereka berangkat menuju Madinah melewati pantai Laut Merah, mengambil rute yang berbeda dengan yang biasa ditempuh oleh kafilah-kafilah yang menuju ke Madinah.
 
8. Beliau disambut dengan sangat meriah di jalan atau dari atas rumah- rumah. Masyarakat, di antaranya juga para wanita yang mengelu-elukan beliau dengan syair-syair pujian yang mengharukan..
 
9. Rasulullah menyiapkan hijrah ini selama dua bulan, beliau termasuk yang terakhir hijrah, bersama Abu bakar dan Ali bin Abi tholib.
  • Ali bin Abi tholib : saat orang-orang kafir quraisy ingin menghalangi hijrahnya Rasulullah dengan berencana membunuhnya, Ali bin Abi tholib diminta oleh Rasulullah unutk mengenakan mantelnya dan tidur di tempat tidur Rasulullah. Ketika orang kafir mendatangai rumah Rasulullah dan hendak membunuh Rasulullah mereka kaget karena yang ditemukan disana adalah Ali, kemudian mereka membawa Ali kedepan kabah dan menyiksanya.
  • Abu Bakar As Sidiq : Abu Bakar menemani Rasulullah dalam hijrahnya kemadinah, sebagaimana sebelumnya beliau telah menyiapkan dua ekor unta untuk hijrah ini yang dititipkan pada Abdullah bin Uraiqiz. Abu Bakar juga menemani Rasulullah sembunyi dari orang kafir quraisy yang mengejar mereka di gua Tsur selama 3 hari, dalam kegelapan dan binatang gua yang berbahaya.
  • Abdullah bin Abu bakar : beliau mendatangi gua tsur setiap malam untuk mengabarkan rencana orangorang kafir quraisy dan apa yang mereka lakukan kepada Rasulullah dan Abu Bakar, kemudian kembali dipagi harinya agar tidak ada yang mengetahui bahwa iya telah pergi
 10. 2 Hikmah dibalik peristiwa hijrah
  1. Setiap Muslim hendaknya mampu menempatkan usaha dan kepasrahan kepada Allah Swt. dalam menghadapi suatu peristiwa
  2. Memberi pelajaran bahwa dalam berjuang, seseorang harus dapat memberi segala yang dimilikinya hingga cita-cita perjuangan Islam tercapai. Tidak menanti hadiah dan imbalan atas perjuangan itu.