Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Halaman 129 Uji Pemahaman Bagian 3 unit 3

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 11 halaman 129 Pembahasan kali ini kita akan bahas uji pemahaman bagian 3 unit 3 yang ada pada buku paket PPKN Halaman 129 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas XI SMA/SMK/MA/MAK. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bagian 3 Bhineka Tunggal Ika ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Uji Pemahaman Unit 3 Bagian 3 Hal 129 PPKN Kls 11

Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Halaman 129 Uji Pemahaman Bagian 3 unit 3

Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Halaman 129 Uji Pemahaman Bagian 3 unit 3

Uji Pemahaman Unit 3 Bagian 3 Halaman 129

Untuk mengetahui sejauh mana pemahamanmu tentang unit ini, jawablah pertanyaan berikut: 
a. Bagaimana cara mengenali kearifan masyarakat yang ada di dunia?

b. Bagaimana cara mempromosikan budaya bangsa Indonesia dalam dunia yang terhubung?

c. Bagaimana cara melakukan kolaborasi budaya dalam dunia yang saling terhubung?

 
Kunci Jawaban 
a. Mengenali tradisi-tradisi dan kearifan masyarakat di negara-negara lain bisa dengan cara mempelajari berbagai budaya tersebut melalui internet.  Perkembangan teknologi informasi dan juga transportasi meniscayakan seseorang atau sekelompok orang berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain dari berbagai belahan dunia. Hal ini membawa konsekuensi adanya pertukaran budaya
di kancah global (internasional).

b. Sebagai bagian dari komunitas global, Indonesia tentu saja tidak dapat menghindarkan diri dan menutup/mengisolasi diri dari bangsa dan negara lain. Perjumpaan dan interaksi dengan bangsa-bangsa lain merupakan suatu keniscayaan bagi bangsa mana pun, termasuk Indonesia.
  Mengenalkan atau mempromosikan kekayaan budaya, tradisi atau nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa Indonesia ke masyarakat dunia serta melakukan kolaborasi dengan kebudayaan bangsa lain  Kendati setiap bangsa memiliki keunikan budaya dan tradisi masing-masing, tetapi tidak menutup kemungkinan bekerja sama dan berkolaborasi secara global untuk keadilan dan penciptaan dunia yang lebih aman dan manusiawi.
 
c.  Kolaborasi dan kerja sama itu penting bagi sebuah bangsa karena kolaborasi dan kerja sama keragaman akan menyatukan beragam identitas suku, agama dan budaya. Misalnya, negara Indonesia memiliki keanekaragaman budaya dan kekayaan bahasa yang sangat banyak, dengan kekhasan yang berbeda satu sama lain, dan ketika keanekaragaman dan kekayaan itu menyatu menjadi satu bangsa akan membuat negara unggul.