Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 151 Mari Refleksikan Bab 5

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku IPAS untuk Kelas 5 halaman 151. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Mari Refleksikan Halaman 151 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas V SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 5 Bagaimana Kita Hidup dan Bertumbuh ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini  diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Mari Refleksikan Hal 151 IPAS Kls 5
 
Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 151 Mari Refleksikan Bab 5

Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 151 Mari Refleksikan Bab 5

Mari Refleksikan Halaman 151

SOAL :
1. Apakah setiap manusia memiliki siklus pertumbuhan yang sama? 
 
2. Apakah yang menyebabkan setiap manusia mengalami masa bertumbuh? 
 
3. Bagaimana pendapat kalian tentang masa pubertas? Apa kekhawatiran kalian? 
 
4. Bagaimana seharusnya sikap yang bijak saat kalian mengalami masa pubertas?
 

 
JAWABAN :
1. Setiap orang tumbuh besar dengan cara yang sama. Pada tahun pertama setelah kelahiran, tubuh manusia tumbuh dengan sangat cepat. Adapun pada akhir masa kanak-kanak, pertumbuhannya menjadi lambat dan teratur seiring dengan berkembangnya kemampuan yang akan mereka perlukan kelak ketika dewasa. Di awal masa remaja, pertumbuhan akan kembali cepat. Namun, pada saat dewasa pertumbuhan berhenti baik pada laki-laki maupun perempuan. Bayangan yang ditangkap dibalikkan kembali oleh otak sehingga kita bisa melihat.

2. Tubuh membutuhkan nutrisi dan energi yang diperoleh dari makanan agar tetap berfungsi dengan baik. Di dalam tubuh, makanan yang masuk akan mengalami proses pencernaan dan penyerapan nutrisi. Asupan nutrisi seperti sayuran, buah buahan,telur, daging, ikan, kacang - kacangan dan susu
 
3. Pertumbuhan yang terjadi dalam tubuh manusia diakibatkan oleh adanya penambahan jumlah sel dari pembelahan sel. Sedangkan proses perkembangan yang terjadi pada makhluk hidup berlangsung dalam jangka panjang atau tidak terbatas waktu maupun usia, teman-teman.
 
4. Pubertas adalah masa ketika seorang anak mengalami perubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsi seksual. Masa pubertas dalam kehidupan kita biasanya dimulai saat berumur 8 hingga 10 tahun dan berakhir lebih kurang di usia 15 hingga 16 tahun.
 
5. Sikap atau cara yang bijak dalam menghadapi masa pubertas yaitu tenang dan percaya diri karena perubahan yang terjadi. Berperilaku jujur, terbuka, dan berkomuikasi intens dengan orang tua untuk hal-hal yang perlu dilakukan. Menjaga kebersihan tubuh khusunya organ reproduksi.