Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 167 Mari Refleksikan Bab 6

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku IPAS untuk Kelas 5 halaman 167. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Mari Refleksikan Halaman 167 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas V SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 6 Indonesia Kaya Raya ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini  diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Mari Refleksikan Hal 167 IPAS Kls 5
 
Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 167 Mari Refleksikan Bab 6

Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 167 Mari Refleksikan Bab 6

Mari Refleksikan Halaman 167

SOAL :
1. Apa informasi yang bisa kalian dapatkan dari peta? 
 
2. Berdasarkan apa yang sudah kalian dapatkan, menurut kalian apa kelebihan yang dimiliki negara Indonesia? 
 
3. Sebagai negara maritim, apa potensi yang menurut kalian bisa dikembangkan di Indonesia? 
 
4. Sebagai negara agraris, apa potensi yang menurut kalian bisa dikembangkan di Indonesia? 
 
5. Bagaimana dengan tempat tinggal kalian? Apakah termasuk daerah maritim atau agraris? Mengapa?
 

 
JAWABAN :
1. Melalui peta kita bisa melihat bentuk wilayah daerah tempat tinggal, pulau di mana kalian berada, bentuk negara Indonesia hingga bentuk tempat-tempat lain di muka Bumi ini. informasi yang dapat diperoleh dari sebuah peta geografis yaitu : Luas suatu wilayah dilengkapi dengan nama wilayahnya. Batas adiministrasi suatu wilayah. Kenampakan alam atau kondisi alam suatu wilayah.

2. Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan keanekaragaman hayatinya. Sebagai negara kepulauan, membuat tempat tinggal kita ini menjadi rumah berbagai jenis flora dan fauna, baik itu di darat maupun di laut. Selain itu, Indonesia juga memiliki beraneka macam suku. Keanekaragaman hayati menerangkan tentang berbagai macam kehidupan, bisa keanekaragaman genetik atau sifat, jenis (spesies), dan ekosistem.
 
3. Sebagai negara maritim,Dengan beragamnya potensi maritim Indonesia, antara lain industri bioteknologi kelautan, perairan dalam (deep ocean water), wisata bahari, energi kelautan, mineral laut, pelayaran, pertahanan, serta industri maritim, sebenarnya dapat memberikan kontribusi besar bagi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia.
 
4. Potensi yang dimilki Indonesia sebagai negara agraris adalah Indonesia sejak dahulu sudah terkenal sebagai penghasil rempah-rempah dan memiliki tanah yang subur. Kelapa sawit, beras, jagung, cengkeh, tembakau, teh, karet, kopi, dan tebu, merupakan hasil pertanian/perkebunan Indonesia.
 
5. Daerahku termasuk kedalam daerah agraris kaerna terdapat banyak kebun teh, sayur sayuran, karet dan lain lain.