Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 184 Mari Refleksikan Bab 6

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku IPAS untuk Kelas 5 halaman 184. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Mari Refleksikan Halaman 184 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas V SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 6 Indonesia Kaya Raya ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini  diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Mari Refleksikan Hal 184 IPAS Kls 5
 
Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 184 Mari Refleksikan Bab 6

Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 184 Mari Refleksikan Bab 6

Mari Refleksikan Halaman 184

SOAL :
1. Apa saja sumber daya alam nonhayati yang ada di daerah kalian? 
 
2. Menurut kalian apakah daerah tempat tinggal kalian sudah memaksimalkan potensi sumber daya alamnya dengan baik? Mengapa? 
 
3. Manakah SDA yang paling banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari di sekitar kalian, SDA yang bisa diperbarui atau tidak bisa diperbarui? Apa dampak dari hal ini? 
 
4. Apakah kalian sudah menggunakan SDA dengan bijaksana? Mengapa? 
 
5. Menurut kalian bagaimana pemanfaatan SDA yang bijaksana agar tetap bisa dimanfaatkan tapi tidak merusak alam kita?
 

 
JAWABAN :
1.Sumber daya alam nonhayati di daerah ku adalah sumber daya fosil berupa batu bara

2. Iya,
 
3. Yang paling banyak dipakai adalah batu bara yang tidak bisa diperbarui, dampaknya menyebabkan bumi menjadi lebih panas. Kondisi ini, pemanasan global, membuat perubahan iklim yang mengganggu stabilitas alam. Bagi makhluk hidup khususnya manusia, partikel hasil pembakaran batu bara dapat masuk ke paru-paru dan menyebabkan penyakit pernapasan.
 
4. Tentu saja pemanfaatan sumber daya alam harus digunakan sebaik mungkin, untuk meningkatkan kesejahteraan manusia dan untuk mencegah habisnya sumber daya alam dan terjadinya kerusakan lingkungan
 
5. Pemanfaatan SDA yang bijaksana agar tetap bisa dimanfaatkan tapi tidak merusak alam kita
1. Selektif.
yaitu memilih, menggunakan, dan mengusahakan sumber daya alam dengan sungguh-sungguh untuk kepentingan keberlangsungan kehidupan.
2. Menjaga kelestarian.
Untuk memanfaatkan sumber daya alam diperlukan penggunaan yang bijak dan sesuai dengan kebutuhan. Kemajuan teknologi juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kelestarian sumber daya alam.
3. Perlunya penghematan sumber daya alam.
atau mengurangi bahaya eksploitasi besar-besaran terhadap pemakaian sumber daya alam agar tidak rusak dan punah.
4. Perlunya upaya pembaharuan sumber daya alam hayati seperti reboisasi.
mengembangbiakkan flora dan fauna secara modern, penanaman ladang secara bergilir, dan pengolahan tanah pertanian lahan basah dan lahan kering.
contoh:
a. meminimalkan penggunaan bahan baku dan energi.
b. Meminimalkan pelepasan limbah beracun ke lingkungan.
c. Menghasilkan dan menggunakan produk yang dapat didaur ulang.