Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 220 Mari Refleksikan Bab 8

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku IPAS untuk Kelas 5 halaman 220. Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket IPA Mari Refleksikan Halaman 220 Buku siswa untuk Semester 1 (Ganjil) Kelas V SD/MI. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 8 Bumiku Sayang, Bumiku Malang ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini  diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas Kurikulum Merdeka. Kunci Jawaban Mari Refleksikan Hal 220 IPAS Kls 5
 
Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 220 Mari Refleksikan Bab 8

Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 Halaman 220 Mari Refleksikan Bab 8

Mari Refleksikan Halaman 220

SOAL :
1. Apa penyebab peristiwa alam berubah menjadi bencana alam? 
 
2. Apa saja peristiwa alam yang termasuk bencana alam? 
 
3. Mengapa Indonesia termasuk negara yang rawan bencana alam terutama gempa Bumi? 
 
4. Apa saja dampak dari bencana alam terhadap kehidupan manusia? 
 
5. Apa yang bisa kalian lakukan untuk membantu teman atau keluarga yang terkena bencana alam?
 

 
JAWABAN :
1.Peristiwa alam bisa menjadi suatu bencana jika membawa kerugian bagi manusia. Bencana adalah sesuatu yang dapat mengancam dan mengganggu kehidupan manusia. Bencana yang terjadi karena adanya peristiwa alam disebut bencana alam.

2. Contoh peristiwa alam yang dapat menjadi bencana alam di antaranya gempa Bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor.
 
3. Indonesia merupakan negara yang rawan bencana terutama gempa Bumi. Hal ini disebabkan oleh letak Indonesia yang dilalui oleh jalur pertemuan tiga lempeng tektonik. Gempa Bumi terjadi karena adanya tumbukan antarlempeng Bumi, patahan aktif, aktivitas gunung merapi, atau runtuhan batuan. Aktivitas ini menimbulkan getaran di permukaan Bumi.
 
4. Bencana alam dapat mengakibatkan dampak yang merusak pada bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan. Kerusakan infrastruktur dapat mengganggu aktivitas sosial, korban jiwa, kerusakan ekosistem, dan hilangnya tempat tinggal.
 
5. Yang dilakukan untuk menolong teman
  1. Menyumbangkan makanan atau pakaian yang masih layak pakai.
  2. Memberi motivasi agar teman tidak berputus asa.
  3. Ikut menghibur korban bencana alam.
  4. Dan lain lain