Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Apa makna peristiwa Rengasdengklok bagi Proklamasi Kemerdekaan?

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 7 halaman 167 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Uji Kompetensi 6 Halaman167 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas VII SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 6 Daerah dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi 6.1 Halaman 167 IPA Kelas 7
 
Apa makna peristiwa Rengasdengklok bagi Proklamasi Kemerdekaan?

Apa makna peristiwa Rengasdengklok bagi Proklamasi Kemerdekaan?
Jawaban :
Makna peristiwa RENGASDENGKLOK terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sangat penting sebab peristiwa ini yang menjadi pendorong agar Proklamasi dilaksanakan secepatnya dan tanpa adanya campur tangan dari penjajah (Jepang) sehingga di kemudian hari Indonesia tidak harus menanggung malu dengan mengakui kemerdekaan tersebut sebagai hadiah.

 

Pembahasan :
Pada tahun 1945, salah satu taktik Jepang agar Bangsa Indonesia mau menurut adalah dengan menjanjikan kemerdekaan. Salah satu caranya Jepang adalh membentuk panitia kemerdekaan yang bermama BPUPKI. 

Melihat hal itu Sutan Syahrir selaku pemimpin kaum muda melihat bahwa kemerdekaan adalah hasil perjuangan, bukannya pemberian dari kaum kolonial. Oleh karena itu mereka menculik Bung Karno dan Bung Hatta ke rengas dengklok agar memproklamirkan kemerdekaan lebih cepat. 

Semua ini karena kaum muda mendengar bahwa Jepang telah menyerah kepada sekutu melalui siaran radio. Dan mereka juga mewaspadai bahwa Jepang tidak memiliki lagi kekuatan untuk memberikan kemerdekaan. Di samping itu juga kewaspadaan atas kembalinya Belanda yang membonceng sekutu.