Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Apa solusi yang dapat kalian berikan untuk menumbuhkan nilai kesadaran berPancasila pada saat ini jika masyarakat lebih peduli pada dirinya sendiri?

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 8 halaman 23 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Uji Kompetensi 1 Halaman 23 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas VIII SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi 1 Halaman 23 IPA Kelas 8
 
Apa solusi yang dapat kalian berikan untuk menumbuhkan nilai kesadaran ber- Pancasila pada saat ini jika masyarakat lebih peduli pada dirinya sendiri?

Apa solusi yang dapat kalian berikan untuk menumbuhkan nilai kesadaran berPancasila pada saat ini jika masyarakat lebih peduli pada dirinya sendiri?
Jawaban :

Solusi untuk menumbuhkan nilai kesadaran ber-Pancasila jika masyarakat lebih peduli pada dirinya sendiri

Solusi yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan nilai kesadaran ber-Pancasila jika masyarakat lebih peduli pada dirinya sendiri yaitu dengan cara melakukan kampanye tentang pengangkatan kembali nilai moral Pancasila dengan cara menyebarkannya melalui media massa seperti televisi, koran, dan internet. Selain itu, untuk generasi yang akan mendatang melakukan sebuah penyusunan terhadap kurikulum tentang Pancasila.

Apabila hal tersebut tetap tidak membantu, maka diperlukan sebuah sikap untuk melaksanakan sebuah upaya untuk bela negara.

Berikut adalah penjelasan dari bela negara :

Upaya dari kegiatan untuk bela negara adalah sebuah kegiatan yang dimana dilakukan oleh para warga negara yang dimana berada dalam berbagaibidang tanpa memerhatikan latar belakang dari orang-orang tersebut yang dimana sesuai dengan status dari kependudukan, tugas dan juga berbagaimacam dari bentuk tanggung jawab yang dimiliki oleh masing-masing orang. Kemudian, pembelaan terhadap negara ini dianggap sangat penting dikarenakan untuk menghentikan berbagaimacam bentuk ancaman fisik dan juga non fisik yang dimana dapat dimiliki pada sebuah negara baik dalam bentuk miiliter dan juga non militer dikarenakan dalam ancaman tersebut biasanya dapat berasal dari dalam maupun luar negeri itu sendiri.

Upaya bela negara sebenarnya berada dalam pasa 9 ayat (1) UU RI No.3 Tahun 2002 yang dimana pada pasal tersebut menyebutkan bahwa dari pengertian dari bela negara itu sendiri adalah sebuah sikap dan juga sebuah perilaku yang dimana dimiliki warga negara yang dimana dijiwai oleh sebuah cinta terhadap tanah air yang dimana berdasarkan UUD 1945 yang dimana berusah untuk menjamin terjalannya sebuah kehidupa yang berbangsa dan bernegara.

Selain itu, bentuk dari bela negara bukanlah hanya sebuah kebutuhan, tetapi sebuah kewajiban dasar yang dimana terdapat pada manusia yang dimana dalam hal ini adalah sebuah bentuk kehormatan yang dimana diberikan kepada setiap warga negara tersebut apabila warga negara tersebut telah menjalankan bela negara yang dimana sesuai dengan kesadaran, tanggung jawab, dan juga rela berkorban dalam mengabdi untuk negara.

 

Pembahasan :

Perbuatan luhur yang dimaksud adalah perbuatan baik yang kita mampu lakukan dalam bermasyarakat, contohnya:

  • Menolong tetangga yang membutuhkan
  • Melakukan musyawarah untuk menentukan keputusan bersama
  • Bergotong royong dalam membangun fasilitas desa
  • Bersikap adil dan tidak membeda-bedakan perlakuan karena berbeda agama
  • Taat membayar pajak bagi wajib pajak karena ini adalah wujud nyata cinta tanah air seperti yang diamanatkan Pancasila sila ketiga
  • Bekerja sama dalam segala bidang dalam konteks yang positif
  • Menjaga lingkungan, berbuat baik pada hewan, merawat tumbuhan
  • Dan masih banyak lagi lainnya contoh kebaikan sederhana yang sesuai dengan nilai Pancasila.