Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Apa tugas BPUPKI?

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  untuk Kelas 7 halaman 30 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Uji Kompetensi 1 Halaman 30 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas VII SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Perumusan dan Penetapan Pancasila Sebagai Dasar Negara ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi 1.1 Halaman 30 IPA Kelas 7
 
Apa tugas BPUPKI?

Apa tugas BPUPKI?
Jawaban :
Yang menjadi tugas BPUPKI adalah mempelajari juga menyelidiki segala hal yang berkenaan dengan aspek ekonomi politik, tata pemerintahan dan lain sebagainya yang sekiranya diperlukan dalam upaya-upaya pembentukan negara Indonesia sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat.


Pembahasan:

BPUPKI adalah badan bentukan pemerintah militer Jepang di Indonesia. BPUPKI ini adalah singkatan dari Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang dalam istilah Jepang dikenal dengan sebutan Dokuritsu Junbi Chōsa-kai. Badan ini sendiri dibentuk secara resmi pada 29 April tahun 1945. Tanggal tersebut dipilih sebab bertepatan dengan hari lahir dari Kaisar Hirohoto.

Dibentuknya BPUPKI sebagai wujud komitmen Jepang atas janji kemerdekaan yang mereka berikan kepada pihak Indonesia. Setelah tugasnya dianggap rampung, BPUPKI kemudian secara resmi dibubarkan dan digantikan dengan badan lainnya bernama PPKI yang adalah kependekan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.