Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Apa yang dimaksud dengan bela negara?

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 9 halaman 184 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Uji Kompetensi Bab 6 Halaman 184 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas IX SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 6 Bela Negara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2018 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Bab 6 Halaman 184 PPKN Kelas 9
 
Apa yang dimaksud dengan bela negara?

Apa yang dimaksud dengan bela negara?
Jawaban :

Bela negara adalah upaya yang diberikan oleh warga negara Indonesia untuk bisa mempertahankan keutuhan dan juga kesatuan dari negara Indonesia dari ancaman yang berasal dari luar ataupun dalam negeri. Bela negara juga menjadi salah satu dari kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia dan hal ini juga tertuang pada Undang-Undang. Pada UUD 1945 Pasal 27 ayat 3, hal tersebut menyatakan bahwa setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk turut serta dalam upaya pembelaan negara untuk menjaga keutuhan negara Indonesia.

Berikut adalah unsur dari bela negara:

  • Cinta tanah air: unsur bela negara yang merupakan adanya perasaan cinta dan memiliki terhadap negara Indonesia sehingga bisa mencegah masuknya ancaman.
  • Rela berkorban: unsur bela negara yang merupakan adanya kesediaan seseorang untuk mengorbankan tenaga, biaya, dan waktunya untuk membela bangsa Indonesia.
  • Yakin kepada Pancasila: unsur bela negara yang merupakan adanya keyakinan seorang warga negara Indonesia terhadap Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia.


Pembahasan :