Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Apa yang dimaksud dengan demokrasi Pancasila?

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 9 halaman 94 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Uji Kompetensi Bab 3 Halaman 94 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas IX SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 3 Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi Bab 3 Halaman 94 IPA Kelas 9
 
Apa yang dimaksud dengan demokrasi Pancasila?

Apa yang dimaksud dengan demokrasi Pancasila?
Jawaban :
Demokrasi Pancasila adalah kedaulatan rakyat (demokrasi) yang dalam permusyawaratan/perwakilan, dilaksanakan dengan rahmat Tühan Yang Maha Esa serta dengan menjunjung tinggi kemanusiaan yang adil dan beradab dan selalu memelihara persatuan bangsa untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.


Pembahasan :

Demokrasi yang dianut Indonesia adalah demokrasi yang berdasarkan Pancasila, yang dikenal dengan nama Demokrasi Pancasila adalah, kedaulatan rakyat (demokrasi) yang dalam permusyawaratan/perwakilan, dilaksanakan dengan rahmat Tühan Yang Maha Esa serta dengan menjunjung tinggi kemanusiaan yang adil dan beradab dan selalu memelihara persatuan bangsa untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan demokrasi kita harus :

  1. diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa
  2. sesuai dengan perikemanusiaan yang adil dan beradab
  3. demi persatuan dan kesatuan bangsa
  4. diambil secara musyawarah untuk mufakat yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan dengan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Demokrasi Pancasila adalah suatu sistem demokrasi yang bersumber kepada kepribadian dan falsafah serta budaya hidup bangsa Indonesia. Kedaulatan yang dimaksud adalah kedaulatan yang berdasarkan musyawarah yang meliputi bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan dan keamanan yang berketuhanan Yang Maha Esa menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab serta persatuan dan kesatuan bangsa. Demokrasi Pancasila berdasarkan paham kekeluargaan dan gotong-royong yang ditujukan bagi keadilan, kesejahteraan, dan kemakmuran rakyat. Hal ini bisa terjadi apabila Pancasila benar-benar dilaksanakan secara konsekuen dan telah menjadi bagian dari kehidupan bangsa Indonesia.