Kpz0JXNL4KwnNLROcdoTIG3N8IlpsfRVGQnxBFp8
Bookmark

Apa yang mungkin dapat kalian lakukan untuk mengamalkan sila-sila dalam Pancasila di lingkungan sekolah?

Berikut ini merupakan pembahasan kunci jawaban Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Kelas 8 halaman 23 Pembahasan kali ini kita akan bahas latihan yang ada pada buku paket PPKN Uji Kompetensi 1 Halaman 23 Buku siswa untuk Semester 2 (Genap) Kelas VIII SMP/MTs. Semoga dengan adanya pembahasan kunci jawaban Pilihan Ganda (PG) dan juga Esaay Bab 1 Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila ini, kalian bisa menjadi lebih giat untuk belajar. Kunci jawaban ini diperuntukkan untuk para pelajar yang sedang mengerjakan tugas K13 Edisi Revisi 2017 (Kurikulum 2013). Kunci Jawaban Uji Kompetensi 1 Halaman 23 IPA Kelas 8
 
Apa yang mungkin dapat kalian lakukan untuk mengamalkan sila-sila dalam Pancasila di lingkungan sekolah?

Apa yang mungkin dapat kalian lakukan untuk mengamalkan sila-sila dalam Pancasila di lingkungan sekolah?
Jawaban :

Yang mungkin saya lakukan untuk mengamalkan sila-sila dalam Pancasila di lingkungan sekolah antara lain sebagai berikut:

  1. Menghargai perbedaan agama yang ada dan tidak membeda-bedakan dalam berteman (pengamalan sila pertama)
  2. Gemar menolong teman di sekolah yang kesusahan (pengamalan sila kedua)
  3. Ikut serta menghadiri upacara bendera setiap senin sebagai wujud nyata cinta tanah air (pengamalan sila ketiga)
  4. Menyelesaikan masalah atau menentukan keputusan di sekolah melalui musyawarah (pengamalan sila keempat)
  5. Melaksanakan semua kewajiban sebagai siswa di sekolah baru kemudian menuntut apa-apa yang menjadi hak diri (pengamalan sila kelima)
 

Pembahasan :

Pancasila adalah dasar bangsa Indonesia. Dengan demikian maka nilai-nilai yang terkandung di dalamnya wajib menjadi acuan, dasar, landasan dan sebagainya dalam berpikir dan berprilaku baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bagi siswa, pengamalan Pancasila bisa dilakukan di lingkungan sekolah. Pengamalan ini dilakukan dengan berpikir serta berperilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila antara lain nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan dan nilai keadilan.